HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Berbagai Barang Elektronik Pertama Dunia yang Jarang Orang Tahu

Barang elektronik pertama dunia tentunya berbeda dengan barang yang Anda miliki saat ini. Biasanya barang-barang pertama di dunia memiliki model desain dan ukuran yang berbeda dengan produk yang Anda gunakan di rumah saat ini.

Barang Elektronik Pertama Dunia

Seringkali barang-barang elektronik ini dibuat dalam ukuran ekstra besar pada saat proses pertama pembuatannya. Sudah tentu produk-produk yang Anda gunakan saat ini adalah produk hasil pengembangan dari penemuan pertama. Malah seringkali bentuk awal dari produk tersebut berbeda jauh dengan produk yang ada sekarang ini.

Dikutip dari berbagai sumber, ada 4 barang elektronik pertama di dunia yang sangat jarang sekali diketahui oleh orang-orang. Ke-4 barang tersebut merupakan cikal bakal kemajuan teknologi modern masa kini. Apa saja barang elektronik pertama dunia tersebut? Ini dia daftarnya. 

Televisi Pertama yang ada di Dunia

Televisi pertama yang ada di dunia dibuat oleh orang yang bernama John Logie Baird. Pria asal Skotlandia ini melakukan riset panjang sebelum akhirnya memahami betul bagaimana cara kerja televisi secara menyeluruh. Saat itu, penemuannya ini di terima oleh banyak orang di seluruh dunia.

Pada masa risetnya tahun 1942, pria satu ini berhasil mengirimkan transmisi gambar bergerak pada televisi dengan jarak 10 kaki. Penemuan ini kemudian disempurnakan 1 tahun setelahnya. John berhasil melakukan transmisi gambar di layar televisi lengkap dengan bayangan serta cahayanya.

Ponsel Pertama di Dunia yang Sangat Laris di Pasaran

Ponsel pertama diciptakan oleh perusahaan raksasa Motorola. Martin Cooper merupakan penemu dari ponsel pertama ini. Dia merupakan eksekutif dan peneliti di motorola itu sendiri. Pada tahun 1983 dia berhasil menciptakan prototipe dari ponsel pertama di dunia ini.

Baca Juga : Asal Mula Terciptanya Rice Cooker Mini Multifungsi

Percaya atau tidak ponsel menjadi salah satu barang elektronik pertama di dunia yang sangat laris di pasaran. Namun ponsel yang kita gunakan ini bukan ponsel asli yang ditemukan oleh cooper. Soalnya prototipe ponsel yang ditemukan oleh pria satu ini memiliki bobot 1 kg lebih. Belum lagi dimensinya juga mencapai 23 cm.

Kulkas Pertama yang Sudah ada di Dunia

Tidak hanya kedua barang di atas saja, ada juga kulkas pertama di dunia yang berhasil dikembangkan oleh seorang ilmuwan asal Skotlandia bernama William Cullen. Sebenarnya dasar dari pembuatan kulkas ini sudah di reset oleh seorang cendekiawan arab bernama Ibnu Sina.

Namun William Cullen kemudian menyempurnakannya pada tahun 1784 lalu. Dia berhasil mengembangkan sebuah mesin pembeku yang sangat sederhana. Cullen sendiri memulai riset terhadap kulkas ini saat dia masih aktif di Glasgow University.

Radio Pertama di Dunia dan Komputer Pertama di Dunia

Barang elektronik pertama dunia lainnya adalah radio. Perangkat satu ini ditemukan oleh seorang pria bernama Guglielmo Marconi pada abad ke-18 di Itali. Sebenarnya Marconi hanya melanjutkan riset yang telah dilakukan oleh Heinrich Hertz. Tapi kemudian dia berhasil.

Marconi sendiri pertama kali memperagakan radio buatannya pada tahun 1896 di Inggris. Kemudian dia mendapatkan hak paten atas penemuannya tersebut. Setahun kemudian dia sudah bisa mengirimkan transmisi ke tengah laut tanpa kabel sekalipun. Radio buatannya ini sangat laris di pasaran karena berdampak besar terhadap peradaban masa itu.

Barang elektronik pertama di dunia lainnya adalah komputer yang ditemukan oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dengan nama ENIAC. Adapun sosok yang berpengaruh besar terhadap penemuan ini adalah Dr. John W Mauchly dan J. Presper Eckert, jr.

Pembuatan komputer pertama kali ini ditujukan untuk menghadapi peperangan. Dalam proses pembuatannya pemerintah Amerika Serikat menghabiskan dana hingga lebih dari 60000 Dolar USA. Bisa dibilang barang elektronik pertama dunia ini merupakan cikal bakal dari komputer dan laptop yang kita gunakan saat ini.

Demikianlah artikel tentang berbagai barang elektronik pertama dunia yang jarang orang ketahui, semoga bermanfaat.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment