HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Tips Membersihkan Barang Elektronik agar Tahan Lama

Membersihkan Barang Elektronik

Tips Membersihkan Barang Elektronik agar Tahan Lama - Membersihkan barang elektronik adalah hal yang wajib Anda pahami di era modern ini. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis barang elektronik yang biasa digunakan oleh manusia dalam kehidupan yang ada pada sehari-hari. Bisa dibilang, ada tingkat ketergantungan yang sangat tinggi antara manusia dan barang elektronik ini.

Seiring dengan berjalannya waktu, barang elektronik bukan hal yang terbilang mewah lagi. Jenis dan fungsi dari barang elektronik itu sendiri sudah biasa digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Bahkan ada beberapa diantaranya yang sudah berperan sebagai barang primer saat ini. Contohnya adalah Gadget dan Smartphone.

Agar barang-barang Anda lebih awet, tentunya sangat kami rekomendasikan untuk melakukan perawatan sejak dini. Tujuannya tentu saja untuk menghindari kerusakan pada barang elektronik itu sendiri. Lantas apa saja tips membersihkan barang elektronik yang wajib Anda pahami ini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Jangan Biarkan Air Masuk Ke Dalamnya

Air merupakan musuh utama dari barang elektronik. Karenanya jangan pernah membiarkan barang elektronik Anda tersentuh oleh air. Apabila air masuk ke dalam barang elektronik, air tersebut akan meresap ke bagian elektrikal dan merusak sistem kelistrikan pada barang elektronik sendiri.

Seringkali hal ini terjadi karena keteledoran. Misalkan pada saat Anda hendak membersihkan barang elektronik dan menyemprotkan cairan pembersih, namun Anda kurang berhati-hati sehingga bagian elektrikal tersiram air pembersih itu sendiri.

Jika hal ini terjadi, pastikan untuk mengeringkan bagian yang basah tersebut. Biasakan juga untuk selalu mencabut kabel listrik dari barang elektronik yang hendak dibersihkan. Ini akan menghindarkan barang Anda dari kerusakan. Apabila terlanjur basah, jangan dulu dinyalakan. Biarkan saja barang elektronik Anda sampai benar-benar kering.

Jika perangkat elektronik menyala saat ada air di dalamnya, perangkat tersebut akan mengalami konsleting. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan kerusakan fatal. Terlebih lagi jika intensitas air yang masuk cukup banyak.

2. Jangan Biarkan Tumpukan Debu Pada Barang Anda

Tips membersihkan barang elektronik lainnya adalah jangan membiarkan tumpukan debu terlalu tebal. Debu merupakan zat yang sangat merusak terhadap barang elektronik. Selain browser keberadaan debu juga membuat barang elektronik Anda terlihat usang. Padahal barang Anda masih baru.

Selain itu, debu juga membuat sirkulasi udara pada barang elektronik menjadi terhalang. Jika dibiarkan lama, debu ini akan menghambat berbagai fungsi lubang pada perangkat elektronik itu sendiri seperti lubang headphone, ataupun konektor listrik.

Karena itu jangan biarkan debu terlalu lama menempel pada perangkat elektronik Anda. Lakukan pembersihan dengan urutan waktu yang rutin dengan menggunakan sebuah lap basah. Namun jangan biarkan airnya rembes ke bagian dalam. Hal ini merupakan sumber kerusakan perangkat elektronik yang dimiliki. 

3. Gunakan Kain Microfiber agar Bagian Luar Perangkat Tidak Rusak

Tips membersihkan barang elektronik lainnya adalah pemilihan kain pembersih yang pas. Saat Anda membersihkan perangkat elektronik, pastikan untuk selalu menggunakan kain microfiber. Jenis kain satu ini sangat kompatibel dengan bagian luar pada perangkat, serta tidak merusak tekstur dari perangkat elektronik itu sendiri.

Kain microfiber memiliki tekstur yang sangat lembut. Teksturnya ini mampu membersihkan kotoran secara menyeluruh pada bagian luar perangkat elektronik Anda. Selain itu, jenis kain satu ini juga bisa digunakan berulang kali. Sifatnya tidak hanya sekali pakai. 

4. Jangan Hanya Membersihkan Sisi yang Terlihat

Pada saat membersihkan perangkat elektronik, seringkali orang hanya membersihkan bagian yang terlihat saja. Pastikan untuk tidak melakukan hal ini, bersihkan seluruh permukaan barang elektronik Anda baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Contohnya bagian belakang atau bagian bawah.

Jika dibiarkan terlalu lama, debu akan menumpuk tebal dan hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat elektronik Anda jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Lakukan pembersihan secara rutin dengan tips membersihkan barang elektronik yang sudah kami jelaskan di atas agar hasilnya lebih maksimal.

Demikianlah artikel tentang tips membersihkan barang elektronik agar tahan lama, semoga bermanfaat.

Related Posts

Related Posts

2 comments

  1. Tipsnya pas bagus banget ini bg. Bagaimana agar kita bisa merawat elektronik dengan baik

    ReplyDelete