HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Asal Mula Terciptanya Rice Cooker Mini Multifungsi

Rice cooker mini sangat cocok bagi anak kost untuk memasak nasi karena porsinya pas untuk 1 atau 2 orang saja. Selain itu, alat ini juga memiliki fungsi lain seperti untuk mengukus, merebus sayuran, dan bisa juga digunakan untuk membuat kue. Maka dari itu, rice cooker termasuk peralatan yang wajib tersedia di setiap dapur anak kost maupun seluruh warga yang sumber makanan pokoknya berupa nasi harus memiliki alat ini sesuai kebutuhan. 

Rice Cooker Mini

Alat ini ditemukan pertama kali oleh seorang pilot tempur ulung dalam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II bernama Yoshida Minami pada tahun 1937. Dia awalnya menggunakan wadah kayu tahan bocor dilengkapi lempengan logam pemanas bertenaga listrik dibawahnya sehingga mampu menanak nasi sampai matang.

Baca Juga : Perangkat Elektronik yang Ditinggalkan Karena Kemajuan Teknologi

Tetapi, kekurangan dari cara tersebut perlu membutuhkan waktu yang sangat lama saat menanak nasi sebab wadahnya terbuat dari kayu dan belum dilengkapi dengan penutup. Untuk mempersingkat waktu, akhirnya dilengkapilah dengan penutup wadah supaya uap panas dapat dimanfaatkan agar mempercepat nasi matang.

Di tahun 1945 muncul lah perusahaan pertama memproduksi rice cooker komersial, perusahaan tersebut bernama Mitsubishi Electric Corporation Jepang. Produk Mitsubishi ini  sudah ada kemajuan dengan memakai panci aluminium dengan koil pemanas di dalamnya. Akan tetapi masih memiliki kekurangan yaitu belum ada fasilitas turn-off otomatis, sehingga memerlukan pemantauan konstan saat memasak.

Akhirnya pada tahun 1956 perusahaan Toshiba mampu menyempurnakan rice cooker secara signifikan dari rice cooker yang sebelumnya belum otomatis berhenti ketika nasi sudah matang, makin berkembang dengan tambahan fitur otomatis berhenti bekerja jika nasi sudah matang. Dari hasil inovasi ini pemakaian rice cooker akan lebih aman dari produk sebelumnya dan tak perlu dipantau saat memasak.

Berkat inovasi yang dilakukan Toshiba, akhirnya mereka sukses besar dalam menghasilkan produk rice cooker dengan jumlah mencapai 200.000 buah rice cooker dalam rentang waktu satu bulan. Hasil produk tersebut akan dijual di pasar dalam negeri (Jepang). Dalam kurun waktu empat tahun, setengah dari total seluruh warga Jepang membeli rice cooker yang Toshiba produksi ini untuk melengkapi dapur mereka.

Tepat pada September 2015, Philips meluncurkan produk rice cooker terbarunya dengan keunggulan bisa memanaskan nasi lebih dari 24 jam serta dilengkapi dengan panci anti lengket tersusun dari 5 lapisan (luar berwarna hitam, resin pelindung, logam campuran ekstra tebal, lapisan berteknologi ProCeramic, dan lapisan kristal super keras). Fungsi dari 5 lapisan tersebut yaitu dapat menghantarkan panas secara merata agar tiap butir nasi matang dengan sempurna.

Seiring berjalannya waktu, membuat makin pesat perkembangan teknologi contohnya bidang barang elektronik ini. Zaman sekarang ini rice cooker canggih makin bermuculan salah satunya yaitu hadirnya rice cooker digital buatan Yong Ma dengan fitur Auto Clean berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan kuman, sesaat setelah memasak nasi.

Demikianlah artikel tentang asal mula terciptanya rice cooker mini, semoga bermanfaat.




Related Posts

Related Posts

3 comments