HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Bagian-Bagian Rice Cooker dan Fungsinya

Bagian-Bagian Rice Cooker dan Fungsinya

Bagian-Bagian Rice Cooker dan Fungsinya - Setelah ditemukannya alat masak nasi otomatis modern, proses memasak nasi menjadi lebih mudah, praktis dan efisien. Pengguna hanya perlu memasukkan beras dan air ke dalam rice cooker, nyalakan tombol on, nasi akan matang dengan sendirinya dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan teknik memasak manual atau tradisional.

Tentunya rice cooker tidak hanya terdiri dari satu komponen saja, tetapi juga berbagai komponen (parts). Agar penanak nasi dapat dioperasikan dengan baik dan benar, ada baiknya mengenali bagian-bagian penanak nasi terlebih dahulu. Berikut ini adalah gambaran umum bagian-bagian dari rice cooker.

1. Pelepasan Uap

Steam release adalah bagian dari rice cooker yang berfungsi untuk mengeluarkan uap hasil masakan di inner pot. Selama proses memasak, nasi akan dicampur dengan air. Proses pemasakan dapat dilakukan hingga mencapai suhu 100°C.

Pada suhu ini, air akan berubah menjadi uap, sebagian akan diserap ke dalam beras dan sebagian lagi akan berubah menjadi uap. Jika uap tidak dilepaskan, maka akan menyebabkan peningkatan tekanan di panci bagian dalam dan membuat ledakan. Oleh karena itu, pelepasan uap diperlukan untuk mengantisipasi pengumpulan uap air di panci bagian dalam.

2. Katup Apung

Float valve merupakan bagian dari rice cooker yang berfungsi untuk mengatur buka tutupnya pelepasan uap. Saat memasak, lebih baik jika katup ini dalam posisi terbuka untuk membiarkan uap air keluar. Namun, saat hangat, katup ini harus ditutup agar panas tidak terbuang ke lingkungan.

3. Tutup Sirip

Sirip tutup merupakan bagian dari rice cooker yang berfungsi sebagai kunci sekunder tutup yang terletak di sisi kiri dan kanan. Sirip tutup tidak memiliki pengait.

4. Panci Dalam

Panci dalam adalah panci yang digunakan sebagai wadah untuk menanak nasi. Dalam panci bagian dalam, campur beras dan air sesuai jumlah yang Anda butuhkan.

5. Elemen Pemanas

Elemen pemanas adalah bagian penting dari penanak nasi. Karena bagian inilah yang berfungsi memberikan energi panas ke panci bagian dalam, sehingga terjadi proses pemasakan. Elemen pemanas pada rice cooker biasanya terletak di bagian bawah.

6. Pot Eksterior

Berbeda dengan panci bagian dalam, panci bagian luar memiliki fungsi menerima panas dari elemen pemanas yang kemudian akan disalurkan ke panci bagian dalam melalui proses konduksi.

Jika panci bagian dalam dimasukkan ke dalam rice cooker, maka permukaan panci bagian luar dan bagian dalam akan saling menempel, sehingga terjadi perpindahan panas dari elemen pemanas ke bagian luar panci, maka bagian dalam panci kemudian panasnya diserap oleh air dan beras di panci bagian dalam.

7. Slot Sirip Tutup

Slot sirip tutup adalah bagian dari rice cooker dengan fungsi rumah atau wadah untuk sirip tutup untuk masuk dan keluar. Slot sirip tutup terpasang ke pegangan kompor.

8. Perumahan Kompor

Rumah penanak nasi adalah bagian dari penanak nasi sebagai tempat menempelkan bagian lain seperti elemen pemanas, panci bagian luar dan dalam dan sebagainya. Rumah kompor adalah bahan isolasi tahan panas, biasanya terbuat dari plastik atau polimer.

9. Rak Sendok

Rak sendok merupakan bagian dari rice cooker yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sendok atau scoop.

10. Basis dan Unit Pemanas

Basis dan unit pemanas adalah bagian bawah penanak nasi sekaligus wadah untuk elemen pemanas.

11. Panel Kontrol

Panel kontrol merupakan bagian dari rice cooker berupa tampilan suhu memasak, tanda antara memasak dan pemanasan, dan tombol untuk mengatur kondisi pengoperasian rice cooker apakah akan digunakan untuk memanaskan atau memasak nasi.

12. Kotak Kontrol

Kotak kontrol adalah bagian dari rice cooker sebagai rumah dari panel kontrol.

13. Tutup Buka / Tutup Tanda

Tanda tutup buka/tutup adalah bagian dari rice cooker yang berfungsi sebagai penanda apakah tutupnya terbuka atau tertutup. Bagian ini juga berfungsi sebagai kontrol untuk membuka atau menutup tutupnya.

14. Pegangan Kompor

Gagang penanak nasi adalah bagian dari penanak nasi yang berfungsi sebagai pegangan untuk memudahkan memindahkan penanak nasi dari satu tempat ke tempat lain.

15. Tanda Posisi Tutup

Tanda posisi tutup adalah bagian dari rice cooker yang berfungsi untuk menunjukkan apakah tutupnya tertutup atau terbuka.

16. Tutup

Tutupnya merupakan bagian dari rice cooker yang berfungsi sebagai penutup panci bagian dalam. Tujuannya agar panas yang diserap lebih optimal dan tidak terbuang ke lingkungan.

17. Pegangan Tutup

Gagang tutup adalah bagian dari rice cooker yang berfungsi sebagai pegangan saat membuka atau menutup tutupnya.

18. Kabel Listrik

Kabel power merupakan bagian penting dari rice cooker karena berfungsi sebagai penyalur daya listrik dari sumber ke rice cooker.

19. Kolektor Kondensasi

Condensation collector merupakan bagian dari rice cooker yang berfungsi untuk menampung uap air yang terkondensasi pada tutup bagian dalam agar tidak menetes ke nasi. Bagian ini biasanya terletak di bagian belakang badan rice cooker.

Jadi, inilah bagian-bagian dari rice cooker pada umumnya. Semoga bermanfaat


Related Posts

Related Posts

Post a Comment