HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

5 Penyebab Kipas Angin Listrik Tidak Berfungsi dan Cara Memperbaikinya

Kipas Angin

5 Penyebab Kipas Angin Listrik Tidak Berfungsi dan Cara Memperbaikinya - Kipas angin listrik ialah termasuk alat elektronik yang menciptakan aliran udara dari perputaran baling-baling. Energi itu dibuat dari dinamo dalam. Begitu menyebalkan saat Anda sedang duduk rileks nikmati angin sepoi-sepoi lalu mendadak kipas angin stop bekerja.

Untuk orang pemula yang tidak pahami alat elektronik seperti kipas angin listrik, kemungkinan membawa ke bengkel untuk dibetulkan, atau bahkan juga sekadar beli yang baru.

Dengan bawa kipas angin ke servis akan mengeluarkan uang. Apa lagi saat Anda memilih untuk beli yang baru. Yang betul ialah beberapa kasus kipas tidak berfungsi, Anda masih bisa memperbaikinya sendiri.

Kerusakan fitur elektronik benar-benar umum terjadi. Fitur semacam itu dengan pergerakan stabil pada bagian tertentu seperti kipas listrik, pada akhirannya bisa menghancurkan komponen sisi dalam.

Jenis sisi yang hancur umumnya ditampakkan dengan baling-baling tidak berperan, tidak berputar-putar sama sekalipun. Anda mungkin saja alami dengar suara mendengung dari sisi dalam sisi motor. Saat sebelum Anda memilih untuk ke bengkel atau beli kipas baru, lihat deskripsi berikut ini . Maka, Anda mengenali pemicu umum kipas Anda tidak berfungsi dan cara memperbaikinya.

1. Bantalan atau Bushing yang Aus

Kipas angin listrik tidak berperan karena bantalan atau bushing yang aus. Ini normal dalam perangkat yang kerjanya mengikutsertakan sisi dalam yang bergerak stabil. Pada akhirnya sisi itu akan aus ketika waktunya.

Bantalan yang hancur akan kelihatan hitam seperti terbakar. Seringkali bantalan diketemukan hancur. Sesudah bantalan hancur harus ditukar sama yang baru. Anda dapat membeli pada harga cukup murah bergantung spesifikasinya.

Solusi: Sesudah bantalan hancur, bantalan harus ditukar sama yang baru. Belilah bantalan baru dengan spesifikasi sama seperti yang dipakai pada kipas angin listrik.

Pertama membuka tutup kipas lalu masuk ke sisi dinamo, mengeluarkan bantalan sisi dalam. Membeli yang baru dengan spesifikasi yang serupa, minta tutorial toko untuk menolong Anda dalam masalah ini.

Sesudah Anda beli bantalan atau bushing baru, gunakanlah secara benar pada tempatnya, begitupun dengan dinamo. Usai dengan memasangkan penutup kipas kembali mengencangkan kunci samping.

2. Dudukan Baling-Baling yang Tidak Benar

Sama seperti yang sudah diterangkan awalnya, salah satunya pemicu kipas Anda tidak berfungsi karena bantalan yang aus. Ada pula kasus di mana bushing kemungkinan tidak dipasang secara benar.

Bushing berperan sebagai tempat duduk untuk baling-baling. Bila terpasang tidak pada status yang betul jadi tidak segera dapat menghasilkan perputaran untuk baling-baling.

Solusi: Ketidakberhasilan seperti ini bisa diketemukan saat buka penutup dinamo. Sesudah penutup dibuka, untuk menyetel kembali bushing pas di status tengah dari motor dan baling-baling. Ini ialah kasus yang lain dengan bushing yang terbakar.

3. Terputus ke Sumber Listrik

Hal yang lain bisa mengakibatkan kipas listrik Anda tidak berfungsi ialah kemungkinan ada permasalahan dengan sumber listrik. Bila tidak ada listrik yang jalan, jadi tidak kemungkinan perangkat elektronik bisa bekerja.

Sumber listrik yang terputus bisa bertahan dari port besi yang berkarat, kabel yang aus atau bahkan juga dalam beberapa kasus kabelnya sudah sobek yang bisa mengakibatkan korsleting, atau sisi dari stopkontak tersebut yang hancur.

Solusi:

Cek stopkontak, yakinkan berperan secara baik. Anda dapat mengetesnya dengan mencolokkan kipas Anda di stopkontak lain.

Tes socket listrik yang dipakai untuk memasangkan kipas. Coba colokkan perangkat elektronik lain di situ, untuk pastikan jika stopkontak baik saja.

Cek keadaan kabel dan stekernya. Yakinkan tidak ada pembungkus kabel yang sobek atau bahkan juga kabel yang putus. Bila kabel putus dalam aliran kabel, salah satunya cara untuk mengetesnya ialah memakai perangkat multi-tester. Itu bisa menghitung daya listrik yang berjalan di aliran kabel. Tanda yang diperlihatkan oleh jarum bergerak dari segi ke segi, menunjuk ke angka tertentu. Bila jarum tidak bergerak benar-benar, ini memperlihatkan tidak ada saluran listrik dalam aliran kabel. Karena itu Anda perlu menukar aliran kabel.

4. Countershaft Kering atau Macet

Saat Anda alami suara mendengung dari kipas listrik Anda dan baling-baling pun tidak berputar-putar, hal tersebut kemungkinan disebabkan karena countershaft yang kering atau bahkan juga macet. Keadaan ini muncul karena tertutup oleh debu dan pada akhirnya menutup run way kutub.

Solusi: Untuk menahan countershaft kering atau macet semacam itu, Anda perlu bersihkan kipas listrik secara berkala. Hapus semua debu yang terlalu berlebih dalam. Tambah sedikit pelumas ke kutub. Ini menolong melembutkan jalan kutub.

5. Keadaan Kapasitor

Kapasitor dibutuhkan untuk menyuplai daya listrik untuk kipas angin. Dengan daya yang cukup karena itu kipas bisa bekerja dan baling-baling akan berputar-putar secara baik.

Bila kapasitor telah rusak, akan susah untuk mengawali perputaran pertama. Dan pada akhirannya, baling-baling bahkan juga tidak berputar-putar sama sekalipun.

Solusi: Ganti kapasitor yang rusak. Anda harus menimbang ukuran kemampuan kipas angin listrik Anda sama seperti yang tercantum pada namanya terakhir.

Sesudah mendapati kapasitor yang rusak ialah pemicunya, ubahlah sesuai itu. Bila Anda kesusahan mendapati kemampuan yang serupa tepat, pilih kapasitor dengan kemampuan yang tidak begitu berbeda jauh baik yang semakin besar atau yang lebih kecil dari yang asli.

Ini umumnya terjadi pada kipas elektronik yang tidak berfungsi, terlebih bila kerap dipakai. Untuk menahan kerusakan itu, kipas Anda perlu dibikin bersih secara berkala terhitung komponen didalamnya. Tetapi ingat untuk bersihkan komponen dengan berhati-hati memakai kain halus atau semacamnya, untuk hilangkan debu yang terlalu berlebih.

Belakangan ini variasi besar kipas listrik dipasarkan di pasar pengecer. Yakinkan Anda cukup berpengetahuan saat sebelum memilih untuk memperbaikinya sendiri. Untuk menghindar kasus di mana Anda bisa membongkarnya tapi selanjutnya tidak bisa memasangkan kembali kipas listrik.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment