HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

7 Tips Memilih Antena TV yang Bagus

 

Antena TV

7 Tips Memilih Antena TV yang Bagus - Antena ialah perangkat yang dipakai untuk menerima atau mengirim gelombang elektromagnetik. Banyak perangkat yang memakai antena seperti radio, handphone, Wi-Fi, dan televisi.

Ada pula antena TV indoor dan outdoor. Antena indoor ialah antena yang ditaruh dalam ruangan, dan antena outdoor ialah sebaliknya. Sudah pasti, antena luar ruangan lebih bagus dalam menangkap dan mengirim sinyal.

Banyak produsen antena sudah membuat antena dengan beberapa keunggulan. Sebetulnya memilih antena tidak begitu susah karena ada banyak tips yang dapat dipakai untuk pilih antena yang akurat.

Akan tetapi karena banyaknya model antena yang ada di pasaran Anda bakal bingung saat memilih antena. Oleh karenanya, untuk Anda yang hendak membeli antena TV seharusnya memerhatikan beberapa tips berikut ini supaya Anda memperoleh antena yang pas untuk TV Anda. Berikut 7 panduan untuk pilih antena yang bagus.

1. Kenali Tipe TV yang Dipakai

Tips pertama untuk pilih antena TV ialah ketahui lebih dulu tipe TV yang Anda pakai. Ini untuk mengoptimalkan pemakaian antena sesuai tipe TV yang Anda pakai.

Misalkan, TV LCD atau LED umumnya kurang baik pada menangkap sinyal, dan TV tabung atau plasma lebih bagus dalam menangkap sinyal.

Oleh karenanya, Anda perlu ketahui tipe TV yang Anda pakai lebih dulu, selanjutnya samakan dengan ukuran antena yang hendak Anda pakai.

Pakai antena memiliki ukuran sedang sampai besar untuk TV LCD/LED dan pakai antena memiliki ukuran sedang atau kecil untuk TV tabung atau plasma.

Ukuran antena pasti memengaruhi daya tangkap sinyal, makin besar makin baik. Tetapi, itu bergantung pada fitur yang dijumpai di TV Anda.

2. Tentukan Antena TV Berjajar

Antena TV yang berjejer (Yagi) panjang sebagai tipe antena yang cukup bagus dalam menangkap sinyal. Karena antena ini ditambahkan dengan pengarah yang panjang, karena itu sinyal yang ditransmisikan semakin besar. Disamping itu, arah pemancar lebih terukur.

Anda dapat pilih tipe antena ini sebagai antena TV di dalam rumah Anda. Dan penangkapan sinyal tidak terganggu oleh pohon-pohonan atau gedung tingkat karena antena tipe ini mempunyai design berjajar.

3. Tentukan Tipe Kabel Antena Coaxial

Kabel antena tipe coaxial sebagai tipe kabel yang lumayan baik untuk menghubungkan transmisi antar perangkat elektronik.

Dan Anda pun perlu memilih kabel koaksial dengan konduktivitas 75 ohm karena jumlah serat yang dipunyainya semakin banyak serta lebih tebal dan kawat sebagai konduktor yang semakin besar.

Dianjurkan untuk memasangkan kabel antena dengan booster yang mempunyai panjang 150 cm atau lurus 1,5 meter tanpa kumparan.

Jika jarak pemancar dekat dan penguat daya RF terlalu besar, Anda dapat  menguranginya dengan memangkas Penguatan UHF agar ukurannya menjadi lebih kecil. Tapi, jika jaraknya jauh Anda bisa mengontrolnya ke status maksimal.

Ketinggian antena harus juga disamakan dengan letak dan jarak antena dari pemancar supaya bagus. Yakinkan semua connector tersambung dengan benar dan baik.

4. Tentukan Merk Paling dipercaya

Memilih item harus juga ditetapkan berdasar merk, dan antena tidak kecuali. Anda bisa pilih antena sesuai merk paling dipercaya yang kemungkinan mempunyai kualitas antena yang bagus.

Makin dipercayai satu merk maka semakin banyak yang memakainya dan tentu saja mutunya tak perlu dikuatirkan lagi.

Disamping itu, merek paling dipercaya umumnya bisa lebih cepat dalam menanggulangi permasalahan dan mempunyai garansi hingga anda tak perlu cemas bila satu saat antena anda memiliki masalah.

5. Pilih Antena Rotator

Untuk pastikan gambar yang dibuat jernih, seharusnya tentukan antena yang mempunyai rotor. Ini karena antena yang mempunyai rotor bisa bergerak atau berputar-putar secara mudah.

Hingga saat sinyal yang didapatkan buruk, karena itu antena ini akan mencari arah sinyal yang terkuat supaya gambar yang dibuat jernih.

6. Tentukan Antena dengan Instalasi Gampang

Tips selanjutnya adalah menunjuk antena dengan proses penempatan yang gampang. Hingga nanti Anda dapat secara mudah memasangkannya sendiri dan gampang untuk mengalihkannya.

Biasanya, perintah akan diberi dalam paket pembelian, tapi itu tidak jamin keringanan instalasi.

Apa lagi bila ada permasalahan dengan antena Anda, pasti jadi laporan bila Anda berasa kesusahan untuk membongkarnya. Oleh karenanya, yakinkan untuk pilih antena dengan penempatan yang gampang.

7. Pakai Booster sebagai Penguat Sinyal

Booster difungsikan untuk membuat pancaran dari antena TV makin kuat sebab alat ini dapat menyambung signal yang diterima dan membersihkan penghalang signal.

Booster ini mempunyai peranan penting untuk memperoleh kualitas gambar yang jernih. Apa lagi bila tempat Anda kekurangan sinyal elektromagnetik yang mengakibatkan kualitas gambar jelek.

Tetapi harus diingat jika penguatan sinyal yang terlalu berlebih tidak bagus karena bisa mengacaukan kualitas gambar yang diperlihatkan.

Untuk menghindariinya, samakan gain yang ada pada booster berbentuk trimmer yang bisa diputar memakai obeng untuk atur gain sinyal.

Itulah 7 tips memilih antena TV yang bagus. Yakinkan selalu untuk memerhatikan tips di atas supaya memperoleh antena TV yang sesuai TV Anda.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment