HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Printer Infus Lebih Praktis, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Printer Infus

Printer Infus Lebih Praktis, Cek Kelebihan dan Kekurangannya - Seiring waktu berjalan, kehadiran printer jadi bagian penting, khususnya untuk aktivitas yang terkait dengan pembuatan document. Agar printer berfungsi dengan baik, printer harus terhubung ke perangkat komputer atau laptop.

Printer itu awalnya berasal dari kata bahasa Inggris “print”. Dari namanya printer memiliki fungsi untuk mencetak, dalam hal ini berupa mencetak dokumen di atas kertas.

Printer pertama diluncurkan di tahun 1968 oleh perusahaan Jepang namanya Epson yang dinamakan EP-101.Printer terus berkembang hingga tahun 1984 muncul printer laser yang dikeluarkan oleh HP dan dikenal dengan nama HP Laserjet.

Printer terus berinovasi hingga pada tahun 2010 dirilis printer yang dapat mencetak secara 3D. Jenis printer juga cukup bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mulai dari printer inkjet yang menggunakan tinta cair dengan berbagai warna sehingga dapat mencetak dokumen baik berupa teks maupun gambar berwarna.

Ada juga printer LaserJet yang hanya bisa mencetak satu warna yaitu hitam karena menggunakan tinta bubuk. Sebab printer ini mempunyai langkah kerja seperti mesin foto copy dan bisa mencetak dalam waktu yang sangat singkat.

Terakhir, printer domatrik adalah printer yang digunakan untuk mencetak struk pembelian. Printer ini menggunakan tinta cetak kertas karbon. Tidak sedikit yang menggunakan printer ini karena hemat dan juga hemat biaya.

Saat ini, printer yang dikenal sebagai printer infus juga telah dikembangkan. Ada berbagai merek printer infus yang beredar di pasaran, mulai dari HP, Epson, Canon, dan Brother. Tinggal pilih sesuai selera dan kebutuhan.

Meski begitu, tidak banyak yang tahu bahwa printer infus sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pada dasarnya printer infus tak jauh beda dengan printer inkjet, perbedaannya cuma pada sistem tintanya. Kalau printer inkjet isi ulang tintanya dengan cara disuntikkan ke dalam cartridge, sedangkan printer infus cuma perlu menyalurkan tinta dari tabung tinta ke cartridge.

1. Keuntungan dari Printer Infus

  • Harganya pun lebih terjangkau dibanding printer yang perlu diisi dengan disuntikkan ke cartridge. Pada printer infus terdapat tabung tinta yang memiliki kapasitas tinta 70-100 ml untuk setiap warna.
  • Mengisi tinta tidak sulit, karena tidak perlu mengeluarkan cartridge dari tinta. Cukup dengan mengisi ulang tinta pada kartrid tinta tanpa perlu melepas perangkat kartrid dari dudukannya. Sehingga resiko tinta tumpah atau tercecer sangat kecil.
  • Dapat secara mudah mengetahui keadaan tinta dalam tabung.
  • Dapat mencetak diatas seratus lembar kertas, bahkan mampu hingga ribuan lembar kertas karena kapasitas tinta yang besar.
  • Kartrid printer lebih awet karena tidak perlu dibongkar saat mengisi tinta.
  • Tidak perlu membongkar printer untuk mengeluarkan cartridge jika tinta habis.
  • Pada printer infus head cartridge lebih awet karena tinta yang berfungsi sebagai head cooler akan selalu terisi tinta.

2. Kekurangan Printer Infus

Selain kelebihan yang dimilikinya, kekurangan printer infus antara lain:

  • Jika nozel tinta dipasang dengan tidak benar atau oleh non-profesional, ada kemungkinan tinta printer akan membanjiri bagian dalam printer. Akibatnya, hasil cetak menumpahkan tinta atau tinta merusak komponen printer itu sendiri.
  • Terkadang tinta tidak mengalir dengan baik ke dalam kartrid. Hal ini dapat disebabkan oleh udara atau angin di nozel tinta atau tinta kering.
  • Kesalahan mekanis dapat terjadi jika selang infus tinta macet.
  • Kemungkinan besar seal mengalami kebocoran yang mengakibatkan tinta tidak mengalir.
  • Jika cartridge rusak cukup sulit untuk dilakukan sehingga dibutuhkan tenaga ahli untuk melakukannya.
  • Tidak disarankan bagi pengguna printer yang tidak terlalu sering mencetak dokumen. Jika Anda jarang menggunakan printer, kemungkinan besar ada udara yang masuk ke selang infus yang berdampak pada terhambatnya jalur tinta ke cartridge.
  • Debu sering masuk ke dalam kartrid tinta. Bila hal ini selalu terjadi, peluang akan menyumbat cartridge sehingga proses pencetakan akan menjadi tidak sempurna.

3. Tips Menggunakan Printer Infus

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki atau ingin membeli printer infus:

  • Sebagian besar kartrid memiliki masa pakai, dan dimungkinkan untuk tidak menggunakan kartrid secara terus-menerus. Untuk itu perlu diperhatikan dan diperhatikan proses pencetakan dokumen dengan benar.
  • Untuk yang mempunyai frekwensi pembuatan document yang tinggi, benar-benar pas memakai printer infus. Hal ini dikarenakan printer infus tidak perlu repot untuk menginjeksi tinta jika tinta di dalam cartridge habis.
  • Perawatan untuk printer infus juga harus diperhatikan. Printer infus rentan terhadap debu, terutama pada kartrid tinta.
  • Pilih tinta dengan kualitas terbaik. Hal ini sangat mempengaruhi daya tahan kepala cartridge. Jika kualitas tinta yang digunakan buruk, maka kepala cartridge akan mudah rusak yang tentunya mempengaruhi kualitas hasil cetakan.

Demikianlah artikel dari saya yang membahas mengenai Printer Infus lebih praktis serta mencek kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment