HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Komponen Internal TV LED Samsung 32 Inch

TV LED adalah hasil perkembangan dari TV sebelumya yaitu TV LCD, Perbedaan dari kedua TV tersebut hanyalah pada komponen backlight nya saja. Backlight TV LCD menggunakan lampu fluorecent (lampu neon), sedangkan backlightnya menggunakan lampu LED yang disusun berjajar dengan tambahan filter lainnya sehingga cahayanya benar-benar menyebar kesemua bagian display.

Dari segi keunggulan tak heran jika banyak masyarakat lebih memilih memakai TV LED sekarang ini karena mampu memberi kualitas gambar lebih baik dan daya konsumsi listrik pun lebih hemat. Dari segala kelebihan yang dimiliki TV ini, maka untuk membelinya jangan heran jika harganya lebih mahal dibanding TV LCD. Namun tidak terlalu mahal kok, hanya  berkisar 5-7% dari harga jual TV LCD. 

TV LED

TV LED Samsung 32 Inch punya 2 tipe yaitu tipe biasa dan tipe Smart TV. Dilansir dari situs resmi Samsung untuk harga SAMSUNG 32 T4003 HD TV (2020) dapat dibeli dengan harga Rp 2.149.000 dan SAMSUNG 32 T4500 HD Smart TV (2020) harganya Rp 2.649.000.

Untuk ketahanan pemakaian, rata-rata TV ini mampu bertahan dengan pemakaian di atas 75 ribu jam. Bahkan untuk merk-merk tertentu yang sudah terkenal seperti Samsung ini bisa memiliki umur ketahanan yang lebih lama. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa TV jenis ini dari segi usia lebih awet dan tahan lama. Komponen internal yang ada di TV LED Samsung 32 Inch adalah sebagai berikut :

Panel TV LED

Panel TV LED berfungsi sebagai monitor atau penampil gambar. Di dalamnya ada LED yang tersusun berjajar dan tujuannya untuk menembakan cahaya pada sel panel sehingga dapat menghasilkan gambar. 

Modul T-CON TV LED 

Modul TV LED ini biasanya menempel pada LED panel dan berfungsi untuk menscan gambar yang diolah olah main board lalu diteruskan ke modul T-CON. Bagian-bagian modul T-CON terdiri dari multi channel power supply, Scan driver dan Data driver, Memory IC, dan Pembangkit gamma reference.

Power Supply TV

Semua peralatan elektronik sudah pasti membutuhkan yang namanya sumber tegangan, termasuk juga TV LED yang sedang dibahas ini. Dalam mengoperasikannya baik itu tegangan bolak-balik (AC) atau searah (DC) dan besarnya keluaran sumber tegangan harus disesuaikan dengan kebutuhan sistem elektronika itu sendiri.

Power supply pada TV LED berfungsi untuk mengalirkan dan mengatur daya/energi yang masuk ke rangkaian utama pada mainboard, rangkaian output audio dan video,bahkan rangkaian digital untuk pemrograman channel.

Mainboard TV LED

Mainboard TV LED adalah papan utama yang terdapat banyak komponen elektronika serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem main board. Mainboard juga menerima perintah dari switch program dan remote dalam penyusunan gambar, nada serta program input.

Speaker TV LED

Speaker TV LED adalah sebuah komponen yang mengeluarkan sumber suara. Kabel connector speaker biasanya berada pada mainboard sebagai pengolah sinyal audio yang mengubah energi listrik menjadi energi suara.

Switch program TV LED 

Switch program TV LED berfungsi untuk menyalakan dan mematikan TV, mengatur program pada televisi, mengubah saluran yang terdapat pada televisi, serta dapat mengatur volume speaker. Switch program terdapat saklar-saklar push button sebagai komponen utamanya.

Receiver Sensor Remote TV LED

Receiver Sensor Remote TV LED berfungsi untuk menerima sinyal yang dipancarkan oleh Remote TV dan akan diteruskan ke sistem penerimaan televisi. 

Baca Juga : Smartphone tanpa komponen Elektronika, bisa apa ?

Demikianlah artikel tentang pembahasan mengenai komponen internal pada TV LED Samsung 32 Inch yang membuat peralatan elektronik tersebut dapat berfungsi dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat.


Related Posts

Related Posts

2 comments