HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

6 Mitos Hard Disk Yang Perlu Diketahui

Hard Disk


6 Mitos Hard Disk Yang Perlu Diketahui - Sejak komputer pribadi menjadi barang rumah tangga sehari-hari, ada banyak kesalahpahaman tentang hard disk, tempat di mana semua data disimpan. Terkadang pengalaman tertentu atas prosedur atau masalah komputer dapat menghasilkan kesimpulan yang dirasakan sendiri. 

Perlahan-lahan, ketika desas-desus meningkat dan menemukan jalannya ke forum diskusi dan newsgroup, legenda palsu segera menjadi kepercayaan yang dibuat-buat. Oleh karena itu artikel ini akan mencoba untuk menghilangkan prasangka beberapa mitos hard disk yang paling populer dan mengungkapkan kepada Anda apa yang nyata dan apa yang tidak! 

1. Memformat Hard Disk Memperbaiki Bad Sector

Sebenarnya, memformat hard disk tidak memperbaiki bad sector. Ini hanya menyembunyikan bad sector agar tidak diakses dengan menandai lokasi bad sector di tabel alokasi file baru sehingga sistem operasi tidak akan mengunjungi bad sector selama penyimpanan data. Lihat lebih banyak bad sector pada hard disk.

2. Dapatkah Pemadaman Listrik Menyebabkan Bad Sector?

Biasanya, hard disk modern menggabungkan teknik tertentu untuk memarkir head di mana pun ada pemadaman listrik. Namun, lonjakan daya yang parah atau catu daya yang tidak stabil dapat menyebabkan kegagalan kepala elektronik atau RW yang dalam hal membuat kerusakan platter atau bad sector. Umumnya pemadaman listrik hanya dapat menyebabkan korupsi data logis.

3. Setelah Data Dihapus Dari Disk Anda, Data Tersebut Akan Hilang Selamanya

Secara teknis data tersimpan di hard disk Anda sampai saat Anda menimpanya dengan data baru. Data yang dihapus hanya ditandai sebagai dihapus dan selalu ada sampai data baru menggantikannya.

4. Menghidupkan Hard Disk Terus-Menerus Mempersingkat Masa Pakainya

Setengah benar. Dari saat Anda menyalakan disk Anda, piringan berputar terus menerus sampai saat Anda mematikan komputer Anda. Sebagian besar pengguna menganggap bahwa piringan yang berputar terus-menerus akan mematikan disk. Tetapi kenyataannya, hanya panas yang berlebihan yang memperpendek umur komponen disk dan menambah masalah tegangan termal. Oleh karena itu, komputer server yang beroperasi 24/7 disimpan di ruangan yang terawat baik dengan pengkondisian yang tepat untuk menjaga mesin bebas dari debu dan panas.

5. Data Tidak Dapat Dipulihkan Setelah Memformat Ulang

Pemformatan disk, terutama di lingkungan windows, hanya akan menghapus folder sistem tertentu. Semua konten data sebagian besar tidak tersentuh. Faktanya, proses format tidak merusak data dan sebagian besar waktu, 100% data masih dapat dipulihkan.

6. Hard Disk Anda Dapat Kehilangan Data Dengan Magnet Di Dekat Komputer Anda

Hal ini tidak berlaku untuk magnet domestik yang Anda gunakan untuk mengencangkan lembar jadwal di papan tulis Anda. Satu-satunya magnet yang cukup kuat untuk menghancurkan data pada piringan disk Anda adalah degausser otentik yang ditemukan di laboratorium dan magnet tempat barang rongsokan yang dapat mendistorsi setiap bit dari disk Anda dan karenanya data Anda.

Demikianlah Artikel tentang 6 mitos dari Hard Disk yang perlu diketahui, semoga bermanfaat. 


Related Posts

Related Posts

Post a Comment