HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Komponen-Komponen Yang Harus Ada Untuk Instalasi Listrik

 

Komponen-Komponen Yang Harus Ada Untuk Instalasi Listrik

Kebanyakan orang belum mengenal komponen pada jaringan instalasi listrik yang dipasang di dalam rumah mereka serta apa kegunaannya, hanya beberapa saja kita mengertinya seperti kWhmeter, Stop Kontak, colokan listrik, dsb.

Komponen-komponen instalasi listrik ada banyak jenis, diantaranya :

1. Pengaman

Ialah satu alat yang dipakai membuat perlindungan mekanisme instalasi dari beban yang melampaui kekuatannya. Hampir sering terjadi yaitu arus yang mengalir pada suatu penghantar lama-kelamaan dapat memunculkan panas, baik di saluran penghantar ataupun pada alat listriknya sendiri.

2. Sakelar

Ialah komponen instalasi yang berperan untuk putuskan dan menyambungkan instalasi listrik. Sakelar ada saatnya dikatakan sakelar beban, mempunyai pemutusan sesaat. Waktu ketika sakelarnya akan membuka untuk memutus sebuah rangkaian, ada sebuah pegas yang bertujuan meregangkan.Pegas ini yang bikin bergerak sakelarnya sampai dapat memutuskan serangkaian dalam jam yang demikian singkat. Sehingga kecepatan pemutusannya ditetapkan oleh pegas dan tidak bergantung pada pelayanannya. 

Lantaran cepatnya pemutusan, peluang munculnya busur api di antara kontak-kotak pemutusan cuman kecil. Sakelar bisa dipakai untuk memutus rangkaian pada kondisi berbeban. Sakelar menurut perannya bisa dibedakan dalam beberapa golongan seperti berikut : sakelar tunggal, sakelar kutub dua, sakelar kutub tiga, sakelar seri, sakelar ganti dan sakelar silang.

Kotak perangkat Hubung Untuk (PHB), ialah satu peralatan instalasi listrik yang diperlengkapi beberapa alat pengaman sama sesuai syarat yang sudah ditetapkan. Kotak PHB harus dibikin berbahan yang tidak bisa terbakar, tahan lembab dan kokoh. Di setiap hantaran fasa keluar harus terpasang pengaman arus penghubung. 

Di hantaran netral tidak boleh memasangkan pengaman arus, kecuali bila prospektif hantaran di netralnya tak selama-lamanya mendekati prospektif tanah.Tiap perlengkapan listrik, terkecuali stop kontak dengan kekuatan hantar arus nominal 16 A ataupun lebih, harus sebagai serangkaian akhir khusus terkecuali bila peralatan itu bagian yang tidak dipisahkan dari satu unit instalasi.

Baca Juga : Trafo Dapat Menaikan Dan Menurunkan Tegangan Beserta Jenisnya

Stop kontak harus dibikin berbahan khusus yang tidak bisa terbakar, tahan lembab dan lumayan kuat. Agar terwujud kontak yang bagus, tabung-tabung kontak dibikin berpegas. Penempatan stop kontak pada rumah biasanya ditanamkan dalam kotak tanam pada dinding.

5. Kabel penghantar

Sebagai satu bahan yang bisa mengantarkan arus listrik. Penghantar yang dipakai pada instalasi listrik secara umum memakai bahan tembaga dan alumunium.

6. Lampu Pencahayaan

Sebagai alat yang berperan sebagai penerang untuk ruangan. Lampu pencahayaan bermacam ragamnya, diantaranya : lampu pijar, lampu Tube Luminescent (TL), Lampu hologen, dan lain-lain.

7. Pipa Instalasi

Dipakai untuk penempatan kabel listrik yang disambungkan dengan sakelar, stop kontak, kotak hubung untuk dan jaringan listrik lainnya, dan membuat perlindungan bahaya listrik pada sentuhan langsung dengan manusia. 

8. Kotak sambung

Sambungan kabel atau kawat dalam instalasi listrik harus dijalankan dalam kotak sambung dan jangan dijalankan dalam pipa, karena dikhawatirkan akan alami putus gara-gara penarikan, disamping itu jaringan listrik dalam pipa plat akan mempermudah terjadi kontak listrik dengan pipa maka dari itu beresiko untuk manusia.

9. Lasdop

Adalah satu alat bantu dipakai pada saat instalasi listrik yang punya peran buat menutup sambungan kabel, maka dari itu aman dari sentuhan luar. Di saat saat sebelum sambungan dibalut memakai lasdop, lebih dulu sambungan itu dibalut dengan isolasi.

10 Roset kayu

Ialah suatu komponen instalasi yang dibuat berbahan kayu. Komponen ini dipakai pada penempatan instalasi rumah kayu. Bagian ini bertindak untuk tempat penempel sakelar, fitting, stop kontak, serta kotak ikat di instalasi rumah kayu.

10. Elbow

Dipakai pada penempatan pipa instalasi di beberapa sudut ruang. Elbow dibuat berbahan yang serupa dengan pipa instalasi, yakni berbahan PVC dan baja.

Jadi itulah merupakan komponen-komponen yang harus ada buat instalasi listrik agar mengikuti prosedur SOP demi keselamatan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment