HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

4 Tips Memilih Saklar yang Tepat dan Awet Pemakaiannya

4 Tips Memilih Saklar yang Tepat dan Awet Pemakaiannya


Saklar adalah perangkat listrik yang memiliki tugas penting: menghubungkan atau memutuskan arus listrik lampu.

Sebagian besar waktu, sakelar itu berbentuk persegi dan terbuat dari plastik atau mika. Tetapi beberapa sakelar menggantung seperti sakelar pada lampu meja.

Listrik dan sakelar berjalan bersama dengan sangat baik. Jadi, untuk menghindari korsleting listrik, sebaiknya Anda tidak memilih sakelar tanpa memikirkannya terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa tip untuk memilih sakelar yang tepat:

1. Coba Tekan Tombol Switch Berulang Kali

Salah satu cara untuk menemukan sakelar yang tepat adalah dengan menekan sakelar atau tombol rocker berulang kali. Ketika tombol ditekan on atau off pada sakelar yang baik, biasanya akan mengeluarkan suara "klik" yang lembut.

Dengan menekan tombol sakelar, Anda dapat mengetahui seberapa bagus pegas di dalam sakelar.

Pegas sakelar berkualitas terbuat dari bahan yang lembut sehingga pegas tidak kehilangan fleksibilitasnya meskipun sering digunakan dan dalam waktu lama.

2. Periksa Kekuatan Kabel Terminal

Saat memilih sakelar, Anda juga harus memperhatikan kabel terminal dan apakah itu cukup kuat atau tidak.

Anda dapat dengan mudah mengetahuinya dengan memasukkan kabel tipe NYA ke dalam lubang terminal dan menariknya keluar secara perlahan. Dalam situasi ini, mengeluarkan saluran dari lubang terminal sakelar akan sulit.

Untuk melepas kabel, yang harus Anda lakukan adalah menekan isolator di atas terminal. Kemudian, isolator didorong bersama dengan menarik kabel keluar dari lubang terminal.

Anda dapat mengetahui seberapa bagus isolator sakelar dengan menekannya berulang kali tanpa melemahkan terminal kabel sakelar.

3. Pilih sakelar sesuai dengan penempatannya

Sebelum membeli sakelar, ada baiknya untuk mencari tahu ke mana ia akan pergi. Ini ada hubungannya dengan cara memasang sakelar atau cara memasangnya nanti.

Dilihat dari cara memasang saklar, ada dua jenis yaitu saklar inbow dan saklar outbow.

Sakelar IB

Merupakan singkatan dari “saklar masuk”, adalah jenis sakelar yang ditempatkan dengan cara ditanam di dinding. Saklar dan kabelnya tersembunyi di dalam dinding sehingga tidak bisa dilihat dari luar.

Saklar ini memiliki bentuk yang sangat bagus karena hanya menampilkan tombol dan dudukannya saja.

Sakelar outbow

Juga disebut sakelar OB, cocok untuk bangunan tua di mana Anda ingin menambahkan sakelar tanpa membuat lubang di dinding. Memasangnya semudah menempelkannya ke dinding.

Dibandingkan dengan sakelar masuk, sakelar keluar lebih mudah diakses dan berharga. Sakelar ini berfungsi dengan baik dan mudah dilepas. Saklar luar terlihat kurang rapi karena terlihat kabel.

4. Pilih jumlah tombol sesuai kebutuhan

Sakelar disebut "geng" jika memiliki lebih dari satu tombol. Jika sebuah saklar mengatakan "1 gang", itu hanya dapat mengontrol satu lampu. Jenis sakelar ini disebut "saklar tunggal".

Sementara “2 gang” berarti sakelar ini memiliki dua tombol atau merupakan “saklar ganda”, itu juga berarti bahwa model sakelar ini dapat mengontrol lebih dari satu lampu.

Karena itu, yang terbaik adalah merencanakan sebelum memasang sakelar. Karena hal ini mempengaruhi switch seperti apa yang akan digunakan nantinya, apakah switch 1 gang atau switch 3 gang.

Misalnya, sakelar tipe ganda lebih baik untuk ruangan dengan lebih dari satu lampu.

Berikut adalah beberapa ide untuk membantu Anda memilih sakelar yang tepat. Selain tips di atas, Anda harus mempertimbangkan merek skalar. Pastikan saklar berasal dari merek yang terkenal menghasilkan produk bagus dan memenuhi standar SNI.


Related Posts
Newest Older

Related Posts