HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

MicroLED Apple Watch Ultra 3 harganya lebih mahal dari iPhone 15 Pro Max, jadi jangan menahan nafas

MicroLED Apple Watch Ultra 3


Apple Watch Ultra 3 yang telah lama ditunggu-tunggu dan awalnya dijadwalkan rilis bersamaan dengan seri iPhone 16 mungkin tertunda  dua tahun. Bukan, bukan Ultra yang biasa-biasa saja, tapi yang memiliki layar mikroLED inovatif yang akan memberikan peningkatan besar pada masa pakai baterai dan kecerahan layar Apple Watch, dua spesifikasi terpenting yang perlu dikerjakan perusahaan. untuk arloji kokohnya yang terbaik. Bagaimana bisa?

Layar Apple dan microLED

Apple telah berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan microLED selama bertahun-tahun dengan harapan bahwa teknologi tersebut suatu hari nanti dapat menggantikan panel OLED yang kini sebagian besar bergantung pada Samsung dan LG. 

Institut Promosi Teknologi Informasi & Komunikasi Korea telah mengeluarkan analisis bagaimana saklar layar microLED dapat berdampak pada bisnis layar Samsung atau LG. Dikatakan bahwa mungkin ada penurunan pesanan pada awalnya karena Apple sedang mengembangkan teknologi layar superiornya sendiri, tetapi kemudian Apple dapat melakukan outsourcing produksi ke LG atau Samsung dan menebusnya.

Sebagai bagian dari upaya teknologi layar dan diversifikasi pemasok, Apple telah mendorong pengembangan teknologi microLED miliknya sendiri yang berencana untuk secara bertahap mengimbangi ketergantungan panel OLED dari Samsung, LG, BOE, atau pemasok komponen apa pun di masa depan yang dikelolanya.

Apple seharusnya mulai melengkapi seri Watch Ultra-nya dengan panel microLED terlebih dahulu, seperti yang terjadi pada transisi layar OLED. Hal ini seharusnya terjadi tahun ini, dan, setelah menguji kinerja teknologi microLED, Apple seharusnya mengganti panel OLED pada iPhone dan bahkan iPad dengan panel microLED .

Seperti disebutkan, keunggulan teknologi microLED sangat banyak, seperti konsumsi daya yang jauh lebih rendah, sehingga masa pakai baterai lebih lama dengan kapasitas baterai yang sama dibandingkan layar OLED. Rata-rata layarnya juga lebih cerah dan memiliki kontras yang hampir tak terbatas dibandingkan layar OLED saat ini, jadi mengapa Apple tidak menggunakan microLED saja?

$1500 untuk Apple Watch mikroLED?

Apple harus menaikkan harga eceran Watch Ultra 3 hampir dua kali lipat jika memutuskan untuk merilisnya dengan layar microLED, bukan panel OLED saat ini. Tampaknya, justru ketidakmampuan untuk menurunkan harga layar microLED pada Apple Watch Ultra mendatang dengan teknologi layar baru yang akan menunda peluncurannya. Hal yang sama berlaku untuk semua perangkat Apple lainnya yang rencananya akan dilengkapi dengan layar microLED, seperti iPad, iPhone, dan bahkan Mac.

Apple dilaporkan mengurangi ambisi mikroLEDnya untuk memulai debutnya di Watch Ultra 3 bersama dengan iPhone 16 , karena membuat tampilan seperti itu dalam skala besar terbukti lebih sulit dari yang diharapkan. Buku putih Asosiasi Industri MicroLED yang pertama kali merinci kelayakan layar microLED untuk perangkat yang dapat dikenakan menghasilkan kesimpulan bahwa Apple Watch Ultra 2 mungkin berharga dua kali lipat dari harga layar Apple Watch Ultra OLED saat ini.

Kapan layar 2 inci lebih mahal dari layar 6 inci?

Namun, penelitian terbaru yang dirangkum oleh  The Elec menunjukkan perbedaan biaya yang jauh lebih besar. Menurut firma riset pasar Omdia, perkiraan biaya produksi layar untuk Apple Watch dengan panel microLED 2,13 inci yang memiliki kepadatan 325 PPI, chip 10 mikrometer, dan jarak piksel 80┬Ám adalah $115. 

Namun, orang dalam industri layar Korea memperkirakan bahwa perusahaan lokal telah menjalankan simulasi pembuatan panel microLED dan menghasilkan angka yang lebih tinggi lagi yaitu $150 per panel. Bandingkan dengan $38 yang dibayarkan Apple untuk layar Watch Ultra 2 OLED sekarang, dan Anda akan melihat mengapa tim dari Cupertino ragu-ragu untuk melanjutkan rencana rilis awal tahun 2024.

Mengikuti strategi MSRP khas Apple berarti mereka harus merilis Apple Watch Ultra 3 dengan layar microLED dengan harga $1500 atau lebih, bukan $799 saat ini. Oleh karena itu, tim penjualan dari Cupertino mungkin menyimpulkan dengan tepat bahwa tidak akan ada banyak pelanggan untuk arlojinya dengan harga yang melebihi   harga awal iPhone 15 Pro Max .

Faktanya, Apple akan membayar LG Display, Epistar, OSRAM, TSMC, Luxview, dan semua pemasok lain yang terlibat dalam rantai pasokan layar microLED lebih banyak untuk panel Apple Watch 2 inci dibandingkan saat ini membayar Samsung atau LG untuk layar 6,7 inci. dari lini iPhone 15- nya yang berharga paling banyak $120.

Singkat cerita, jangan menahan nafas untuk perangkat layar microLED Apple dalam waktu dekat, meskipun hanya ada di lini Watch Ultra. iPad microLED atau iPhone microLED bahkan lebih maju lagi, kecuali terobosan biaya produksi yang mengejutkan. 

Sampai saat itu tiba, kita mungkin harus merasa nyaman dengan masa pakai baterai seri Apple Watch yang relatif singkat, di mana spesifikasi resmi " hingga 36 jam dengan penggunaan normal " bahkan tidak mendekati kenyataan.

Related Posts

Related Posts