HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Berfungsi Sebagai Pengendali, Mari Kita Kenal Lebih Spesifik Arduino

Arduino

Berfungsi Sebagai Pengendali, Mari Kita Kenal Lebih Spesifik Arduino - Arduino adalah alat yang dirancang untuk mempermudahkan manusia mengontrol atau mengendalikan berbagai barang elektronik. Dengan Arduino kita bisa menciptakan alat baru yang lebih canggih contohnya alat penyiram tanaman otomatis, menyalakan lampu dengan suara lewat Android, bahkan kita bisa membuat robot, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini Arduino telah menjadi suatu merek mikrokontroller sangat populer di dunia, karena memberikan kemudahan untuk mempelajari dan mengaplikasikannya. Bagi yang suka menggandrungi di dibidang robotika, Arduino adalah termasuk pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai pengendali robot. Untuk mengetahui lebih lanjut, bawah inilah spesifikasi dari Arduino :

1. Ukuran Fisik

Komponen digunakan ukurannya sangat kecil dengan memakai komponen bernama SMD sehingga ukuran fisik Boardnya relatif  kecil. Contohnya terdapat seperti board hp dilihat cukup ringkas dan tingkat keawetan yang tinggi.

2. Harganya

Board Arduino harga jualnya tidak terlalu mahal kok. Untuk Arduino Nano dan Arduino Uno harga pasaran tidak sampai 100 ribu, dan jika ingin membeli Arduino Mega harga dibawah 200 ribu rupiah. Hal yang membuat harga Arduino menjadi murah karena banyak dijual juga versi tiruannya.

3. Bahasa Pemrograman Arduino

Bahasa C adalah bahasa pemograman yang dipakai saat memprogram Arduino. Bahasa C ini sangat populer dan banyak digunakan para Programmer di seluruh dunia. Untuk yang masih pemula tenang saja, karena bahasa C pada Arduino sudah dimodifikasi agar mudah menggunakan fungsi setup () dan loop () sehingga mempelajarinya cukup mudah.

4. Catu Daya

Ada 2 pilihan catu daya yang bisa dipakai pada Arduino yaitu soket USB (bisa juga digunakan untuk memasukan program) dan soket DC 12V. Ketika memberi tegangan masuk menuju modul Arduino agar stabil maka dipasanglah IC regulator di bagian Board Arduino.

5. Software Open Source 

Maksud dari Open source adalah kode sumber sebuah software yang biasanya tersedia untuk modifikasi dapat digunakan kembali, termasuk perangkat lunak Arduino IDE. Bahasa pemogramannya memakai Bahasa C khusu AVR sehingga ahli Programer sah sah saja mengembangkan lebih lanjut.

6. Hardware Open Source

 Perangkat keras Arduino basisnya bermacam-macam seperti mikrokontroler ATMega328 dipakai pada Arduino Uno dan Arduino Nano, ATMega2650 dipakai pada Arduino Mega, ATMega168 dipakai pada Arduino Nano dan Arduino Lilypad. 

7. Soket USB

Untuk mengupload program ke Arduino haruslah menggunakan kabel USB disambungkan dari komputer atau laptop. Soket USB memiliki bisa juga difungsikan sebagai port komunikasi serial.

8. Input/output digital dan input analog

Berfungsi untuk membaca dan mengirim data. Data yang dimaksud yaitu data analog dan bisa juga data digital dari sebuah rangkaian misal untuk menyalakan Led. Biasanya barisan pin analog dan pin digital letaknya berseberangan.

Demikianlah artikel dari saya yang membahas mengenai Arduino, semoga bermanfaat. 

Related Posts

Related Posts

Post a Comment