HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Induktor Dapat Memunculkan Medan Magnet Beserta Jenisnya

Induktor


Induktor Dapat Memunculkan Medan Magnet Beserta Jenisnya - Apa itu Induktor ? Induktor atau koil termasuk kedalam keluarga komponen elektronika pasif yang kerap ditemui dalam rangkaian elektronika lebih khusus pada rangkaian yang ada hubungannya dengan frekuensi radio. Komponen elektronika pasif ini yang terdiri dari susunan lilitan kawat yang membentuk sebuah kumparan.

Pada intinya, induktor dapat menghasilkan medan magnet jika ada arus listrik yang mengalirinya berguna untuk menyimpan energi sementara. Dasar dari sebuah induktor ialah berdasarkan menurut hukum induksi faraday yang diutarakan oleh seorang ilmuwan Inggris namanya Michael Faraday pada tahun 1831.

Fungsi induktor pada pengaplikasian sehari-hari di semua rangkaian elektronika intinya untuk menghasilkan medan elektromagnet yang digunakan sedemikian rupa untuk bermacam-macam fungsi rancangan elektronika. Contoh peranan induktor diantaranya yaitu :
  • Berperan sebagai filter atau penyaring pada power suplai untuk melenyapkan bunyi dengung atau noise.
  • Induktor terpasang dengan komponen lainnya sebagai perangkat penerima radio untuk mengolah signal gelombang.
  • Sebagai pencegah intervensi frekuensi radio pada kabel.

1. Air Core Inductor

Induktor inti udara dapat dikatakan benar-benar tidak mempunyai inti. Maknanya ditengah-tengah lilitan kumparan ini hanya ruang kosong yang isinya cuma udara. Oleh karena itu tipe lilitan ini diberi nama induktor inti udara. Umumnya induktor inti udara mempunyai kerapatan fluks yang tinggi maka dari itu sering dipakai orang pada rangkaian frekuensi tv dan radio.

2. Iron Core Inductor

Tipe induktor yang kerap dipakai pada trafo yang bekerja untuk frekuensi rendah seperti trafo power supply yang berkaitan dengan tegangan AC dengan frekuensi rendah. Komponen induktor ini dibuat dengan bahan berupa inti besi lunak. Disamping itu induktor dengan inti besi kerap dijumpai pada trafo input atau input yang berperan sebagai kopling pengeras suara dan banyak diaplikasikan pada amplifier merek TOA.

3. Ferrite Core Inductor

Inti ferit dibuat berbahan bubuk keramik yang dipadatkan. Dari segi pemakaiannya, banyak orang memakai untuk keperluan rangkaian elektronik khususnya pada rangkaian frekuensi tinggi sebab mempunyai histeristis yang kecil dan arus eddy yang paling rendah.

4. Laminated Core Induction 

inti induktor ini dibuat dari gabungan lembaran baja tipis yang terlaminasi. Lembaran baja tipis tersebut kemudian ditempelkan secara kuat supaya tercipta inti yang padat, dan dipisah oleh lapisan isolasi gunanya mencegah arus eddy. Ada beberapa macam logam yang digunakan lalu disambungkan secara paralel dengan penyekat memiliki bahan isolator.
Baca Juga : Transistor Sebagai Kran Listrik Beserta Jenisnya

5. Variable Inductor

Variable Inductor ialah tipe induktor yang besar kecilnya nilai induktansi bisa ditata sesuai kemauan. Umumnya induktor yang satu ini dibuat menggunakan bahan ferit.

6. Torroidal Core Inductor

Wujud induktor tipe ini melingkar mirip donat, nilai induktansi dan unsur Q yang dipunyainya tinggi sekali, induktor ini lebih banyak dipakai pada rangkaian power dan switching tv.

Demikianlah artikel mengenai induktor dapat memunculkan medan magnet beserta jenisnya, semoga bermanfaat.
Related Posts

Related Posts

2 comments