HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Kulkas Perlu Dibersihkan Agar Makanan Tidak Mudah Basi, Ini Tipsnya

Kulkas


Kulkas Perlu Dibersihkan Agar Makanan Tidak Mudah Basi, Ini Tipsnya - Kulkas di dalam rumah tidak cuma menjadi tempat menaruh makanan supaya tidak gampang basi, tetapi juga jadi tempat yang seharusnya tidak mau dijadikan tempat berkembang biak bakteri. Apabila lemari pendingin ini tidak dibersihkan, sia-sia saja menyimpan makanan dalam kulkas karena tidak higienis.

Dilansir dari situs Food Network merekomendasikan untuk membersihkan kulkas sekurang-kurangnya sebulan sekali, bahkan juga kalau bisa satu minggu sekali. Maksud waktu yang ideal itu untuk membersihkan kulkas gunanya agar tidak memunculkan bau tidak enak dan bebas dari bakteri yang dapat mengakibatkan makanan basi.

Merawat kulkas harus dilakukan secara berkala. Ini berguna supaya kualitas bahan minuman serta makanan didalamnya tetap terjaga. Biar bau dan karat sirna, lakukan saja langkah membersihkan kulkas paling efektif berikut ini!

1. Cabut kabel yang terhubung pada stop kontak 

Gunanya dari mencabut kabel itu agar tidak terjadi yang tidak diinginkan seperti kesetrum. Setelah kabelnya dicabut, kemudian lap seluruh sisi luar kulkas dimulai dari depan, atas, hingga ke sisi belakang yang kerap tempatnya banyak kotoran dan debu menempel. Hindari memakai lap basah di bagian kulkas yang mana disitu terdapat banyak kabel listrik.

2. Keluarkan dulu semua isi di Kulkas

Sesudah sisi luar kulkas selesai dibersihkan, lanjutkan dengan membersihkan sisi dalamnya dengan mengeluarkan seluruh minuman dan makanan yang terdapat di dalam terlebih dahulu.

Dilansir dari sebuah situs web CDC, makanan yang penting dalam keadaan dingin jangan ditaruh pada ruangan lebih dari 2 jam agar tidak basi atau busuk. Itu berarti, pastikan Anda harus tuntas membersihkan lemari es kurang dari 2 jam.

Di sisi lain Anda dapat juga mengecek tanggal kedaluwarsa dari tiap produk minuman dan makanan. Pilihlah terlebih dahulu produk mana yang pantas untuk dimakan, dan yang mana kiranya harus dibuang.

3. Lepaskan rak dan laci Kulkas

Bila kulkas telah kosong dan bebas dari produk apa saja, baru Anda bisa ambil rak dan laci dari dalam kulkas supaya lebih gampang ketika dicuci.

4. Lap kemasan makanan atau minuman yang bakal ditaruh di kulkas

Saat sebelum masukkan kemasan makanan atau minuman kembali ke kulkas, lap dengan handuk yang telah dicelup air panas sebelumnya. Kemudian proses membersihkan telah selesai. Kamu dapat menaruh makanan atau minuman kembali kulkas.

5. Masukan kembali barang-barang ke dalam kulkas

Jika rak dan laci sudah bersih dan kering lalu pasanglah kembali seperti semula. Kemudian masukan semua barang yang dikeluarkan tadi seperti sayur, buah, makanan kaleng, minuman karton, makanan ringan, dan lain-lain.

Demikianlah artikel berbagi tips tentang kulkas perlu dibersihkan agar makanan tidak mudah basi, semoga bermanfaat.



Related Posts

Related Posts

Post a Comment