HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Engsel Laptop Cepat Rusak, Inilah Penyebabnya

Engsel Laptop

Engsel Laptop Cepat Rusak, Inilah Penyebabnya - Laptop sebagai barang elektronik yang cukup kerap dipakai oleh beberapa orang. Tidaklah aneh, laptop jadi barang khusus yang dipakai sepanjang waktu. Disamping itu, laptop sebagai salah satunya barang yang umum dipakai untuk sekolah dan bekerja. Demikian banyak orang memilikinya.

Bagian khusus sebuah laptop terbagi dalam beberapa hal seperti VGA, keyboard, monitor, harddisk dan lain-lain. Bentuk ukuran laptop banyak memiliki macam dimulai dari yang paling kecil dengan monitor 10 inch dan yang paling besar dengan monitor 21 inci.

Laptop diperlengkapi dengan engsel yang bisa dibuka tutup hingga gampang dipakai. Engsel sebagai salah satunya komponen yang gampang patah hanya karena ditopang oleh dudukan plastik, hingga dianjurkan saat buka atau tutup laptop, lakukan secara hati-hati.

Karena engsel sebagai komponen yang riskan patah atau hancur, karena itu banyak kasus yang terjadi pada engsel. Ada beberapa argumen kenapa engsel rusak. Kerusakan engsel belum pasti disebabkan karena pemakaian laptop secara terus-terusan tanpa henti.

Disamping itu, ada pula beberapa kerusakan pada engsel laptop yang dapat disebabkan karena faktor lain, seperti laptop jatuh atau terbentur benda berat. Apa saja pemicunya, laptop yang engselnya patah benar-benar tidak nyaman untuk dipakai, bahkan juga ada yang laptopnya tidak dapat dipakai kembali karena engselnya patah.

Baca berikut ini untuk mengetahui pemicu engsel laptop cepat rusak:

1. Buka Laptop dari Pojok Layar

Pemicu khusus engsel laptop hancur ialah langkah buka laptop yang keliru yakni buka lewat pojok layar. Biasanya pemilik laptop tanpa sadar buka laptop dari pojok ujung layar laptop. Ini ialah langkah yang keliru apa lagi bila menjadi rutinitas.

Buka laptop dari pojok pinggir monitor membuat konsentrasi monitor yang umumnya tipis jadi satu sisi. Salah satunya engsel akan mempunyai beban yang lain dan satu segi saat buka laptop dengan itu.

Langkah terbaik untuk buka laptop dengan membuka dari tengah layar laptop. Dan membuka perlahan-lahan dan hati-hati.

2. Menutup Layar Terlampau Keras

Cukup banyak pemilik laptop yang menutup layar netbooknya terlampau keras. Bahkan memunculkan suara pada layar dan engsel. Ini sebagai rutinitas yang keliru sebab bisa membuat elemen monitor pecah dan lama-lama akan rusak.

Apa lagi bila ada benda yang ada di atas keyboard laptop. Tentu saja jika nanti monitor laptop ditutup keras akan membuat monitor membiarkannya rusak. Bagian dari engsel laptop akan terpengaruh.

Langkah yang bagus dengan perlahan-lahan tutup monitor laptop. Dan yakinkan tidak ada benda yang hendak tersisip saat monitor laptop ditutup.

3. Membuka Monitor Terlampau Lebar

Pemicu engsel laptop hancur selanjutnya adalah buka monitor laptop terlampau lebar. Tiap engsel laptop ada batasannya, sehingga kamu harus waspada saat buka laptop.

Beberapa orang buka laptop yang melewati batasan hingga engsel laptop rusak. Untuk menanganinya, Anda perlu menukar engsel laptop bila engselnya patah atau rusak.

4. Laptop Dibanting

Laptop yang terbanting dapat mengakibatkan engsel rusak. Saat laptop terbanting dan berkenaan engsel, karena itu engsel akan patah atau patah. Bukan hanya engsel yang rusak, bagian lain seperti monitor dan HDD terpengaruh.

Apabila sudah terbanting, karena itu Anda perlu menukar komponen yang rusak. Berhati-hati dalam tempatkan atau simpan laptop supaya tidak terbanting.

Jauhi menaruh laptop yang gampang dicapai oleh anak-anak sebab bisa membuat laptop terbanting dan jatuh. Taruh di lokasi yang aman dan tidak panas supaya laptop Anda awet.

5. Laptop Terbentur Benda Berat

Saat laptop terbentur benda berat, yang terjadi ialah laptop akan memaksakan engsel laptop untuk tetap bertahan hingga bisa mengakibatkan engsel pada laptop putus. Ini umumnya terjadi saat laptop ditubruk dengan beberapa buku.

Hal yang lain bisa mengakibatkan hal itu ialah saat Anda bawa laptop memakai tas ransel di mana laptop akan berdempetan dengan beberapa buku.

Lihat laptop Anda dan hati-hatilah saat membawa supaya laptop masih tetap bertahan lama dan bagus.

6. Membuka atau Menutup Laptop Terlalu Sering

Engsel laptop dibuat dari baja, hingga mempunyai peluang korosi. Korosi ini dapat muncul karena oksidasi atau pengikatan oksigen pada engsel laptop hingga engsel jadi berkarat dan akan susah untuk ditarik atau digerakkan.

Untuk menghindariinya, minimal janganlah lupa untuk buka atau tutup laptop sekali satu hari baik itu untuk dipakai atau cuman untuk dibersihkan.

Buka atau tutup laptop dalam waktu yang lama umumnya terjadi pada karyawan kantoran dan freelancer yang kerap lupa untuk menutupnya kembali saat dipakai.

Itu beberapa pemicu engsel laptop rusak. Engsel yang patah sebagai salah satunya kerusakan hardware yang dapat diperbarui oleh siapa saja. Tetapi, untuk melakukan perbaikan, Anda harus waspada supaya tidak menghancurkan elemen jadi memperburuk kerusakan dan lain.

Apabila tidak mungkin untuk diperbaiki sendiri, berikan saja pada mekanik laptop.


Related Posts

Related Posts