HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

7 Manfaat Memakai Lampu LED

Lampu LED


Perubahan teknologi sudah membuat banyak perubahan seperti pada bidang pencahayaan yakni lampu. Banyak orang sudah memakai lampu tipe LED karena banyak memiliki manfaat.

Lampu Light Emitting Diode (LED) sebagai perkembangan inovasi teknologi dibidang pencahayaan karena lampu LED diklaim banyak memiliki keunggulan diperbandingkan dengan tipe lampu lainnya. Manfaat pemakaian lampu cukup penting karena diperlukan untuk beragam keadaan seperti lampu tidur, lampu baca, lampu taman, dan sebagainya.

Peningkatan kualitas penerangan perlu diperhatikan. Saat ini lebih banyak keperluan penerangan untuk beragam situasi dan tempat supaya sinar yang dibuat nyaman dan pas untuk kesehatan mata.

Baca Juga : Berbagai Jenis Conveyor dan Fungsinya Bagi Dunia Industri

Untuk penuhi keperluan itu, dibuatlah lampu LED yang bisa dikatakan sebagai salah satu teknologi penerangan yang memberinya beragam manfaat. Berikut 7 manfaat memakai lampu LED:

1. Lebih Tahan Lama

Manfaat pertama memakai lampu LED ialah tahan lebih lama. Lampu tipe LED tahan lama serta awet sebab bisa menyala sampai 60 ribu jam dibanding lampu tipe biasa.

Bahkan, juga ada lampu LED yang dapat bertahan lebih dari 7 tahun tanpa diganti. Ini pasti mengurangi ongkos perawat dan pemakaian jangka panjang yang lebih rendah.

2. Irit Energi

Energi yang dipakai pada lampu ini tentu saja cuman sedikit karena mengaplikasikan Light Emitting Diodes. Oleh karena itu, lampu LED menyerap daya listrik lebih sedikit dibanding tipe lampu yang lain. Hasilnya, lampu LED ini diklaim sanggup mengirit pemakaian energi hingga 60% sampai 70% dibanding lampu biasa.

Karena lampu LED memakai lebih sedikit energi dibanding tipe lampu yang lain, ada pengurangan dramatis dalam biaya tenaga listrik, yang menghasilkan pengeluaran tagihan listrik yang lebih sedikit. Selain itu, uang dan energi juga akan dihemat untuk ongkos perawatan dan penggantian karena waktu pakai lampu LED yang panjang.

3. Ramah Lingkungan

Karena konsumsi energi lampu LED lebih rendah, jadi bisa diambil kesimpulan bahwa lampu LED lebih ramah lingkungan dibanding tipe lampu yang lain.

Lampu LED pun tidak memakai merkuri yang kita kenali sebagai bahan yang beresiko untuk lingkungan. Dan lampu LED ini memancarkan cahaya UV dan IR yang paling rendah, maka dari itu cukup aman untuk kesehatan mata Anda.

4. Desain Lampu LED Praktis

Lampu LED mempunyai karakter desain yang bisa dipakai di bawah ruangan atau tempat yang menantang untuk memposisikan lampu biasa, baik digantung atau ditempel. Apa lagi keperluan pencahayaan di beberapa keadaan ruangan bisa dipenuhi oleh lampu LED tanpa mengorbankan hal-hal lain, sehingga lampu LED benar-benar pas dipakai di berbagai tempat.

Biasanya lampu LED mempunyai bentuk yang kecil sehingga praktis dipakai dalam ruangan atau tempat. Umumnya ukuran lampu LED ialah 3 mm sampai 8 mm.

Lampu ini dapat dipakai secara personal atau seri. Sinar yang dipancarkan terarah, sehingga tidak mengganggu pandangan mata, ditambahkan lagi lampu LED ini tidak memancarkan panas.

Lampu LED ialah perangkat pencahayaan padat yang memakai bahan semikonduktor dari gas filamen atau neon. Mereka mempunyai desain yang lebih kuat dan awet dibanding lampu pijar atau tipe lampu yang lain.

5. Lampu LED tidak memancarkan panas

Seperti dikatakan sebelumnya, lampu LED tidak memancarkan panas, tidak seperti lampu biasa, yang memancarkan sinar dan panas. Ini karena lampu biasa mengubah energi menjadi panas sampai 90%, yang paling tidak bermanfaat.

Sementara itu, lampu LED mengubah sebagian besar energi jadi cahaya, sehingga tidak ada panas yang dibuat serta lampu LED juga tetap dingin. Oleh karenanya, pemakaian daya lampu LED bisa dioptimalkan.

Disamping itu tegangan yang dibuat lampu ini relatif kecil, sehingga bisa meminimalkan risiko yang terjadi karena kekeliruan pemakaian listrik.

6. Index Rendering Warna

Index Rendering Warna ialah kekuatan sumber sinar untuk membuat warna dibandingkan dengan sumber sinar alaminya dan peningkatan warna suatu objek jika dilihat oleh mata manusia.

Index rendering warna (CRI) bernilai 0 sampai 100; makin tinggi nilainya, makin baik kekuatannya. Biasanya nilai CRI lampu LED relatif tinggi dibanding dengan tipe lampu yang lain.

7. Lebih aman

Karena lampu LED dibuat berbahan plastik tipe akrilik yang tidak gampang pecah meskipun jatuh, lampu LED aman meskipun tidak semuanya lampu LED memakai bahan ini.

Disamping itu pun tidak memiliki kandungan gas halogen atau tungsten yang umumnya ada pada lampu pijar dan lampu neon, hingga mengurangi risiko kebakaran dan keracunan karena lampu pecah atau hancur.

Itulah 7 manfaat memakai lampu LED. Tidak bisa dipungkiri jika lampu LED sebagai tipe lampu yang paling bermanfaat untuk memenuhi bermacam jenis keperluan, khususnya untuk keperluan pencahayaan Anda.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment