HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Inilah Tanda Freon Kulkas Bocor Beserta Cara Mengatasinya

 

Kulkas

Inilah Tanda Freon Kulkas Bocor Beserta Cara Mengatasinya - Bila kulkas di dalam rumah Anda tidak berasa sedingin biasanya, salah satunya pemicunya ialah kebocoran Freon. Freon yaitu senyawa kimia sebagai cairan yang umumnya berperan menjadi pendingin kendaraan atau ruangan.

Kebocoran freon di kulkas umumnya muncul karena evaporator atau freezer tertusuk atau tergesek benda tajam saat mengambil es batu yang lengket. Hal yang lain mengakibatkan kebocoran Freon ialah pipa evaporator yang pecah atau berlubang, tetapi ini jarang-jarang terjadi.

Kebocoran freon tentu saja benar-benar beresiko karena Freon sendiri sebagai senyawa kimia yang bisa jadi racun untuk badan. Keracunan Freon yang tidak tersengaja jarang ada, tetapi saat seorang alami keracunan Freon akan memunculkan tanda-tanda misalnya:

  • Sesak napas
  • Sakit di kepala dan pusing
  • Mata, telinga, hidung dan kerongkongan mengalami iritasi
  • Muntah dan mual
  • Kulit terbakar

Saat alami tanda-tanda keracunan Freon, hal yang dapat dilaksanakan ialah:

  • Selekasnya cek diri Anda ke rumah sakit untuk pengecekan selanjutnya
  • Minum air untuk menetralkan dan tingkatkan metabolisme
  • Hindari tempat yang terkena kebocoran Freon

A. Tanda-tanda Freon Kulkas Bocor

Ada banyak ciri-ciri yang dapat kita dapatkan saat terjadi kebocoran Freon dalam kulkas. Biasanya bila terjadi kebocoran Freon dalam kulkas akan diikuti dengan timbulnya bau yang tidak lezat dan pendinginan dalam kulkas yang kurang maksimal.

Tetapi, masih tetap ada beberapa ciri yang lain memperlihatkan kebocoran Freon. Kenali beberapa tanda kebocoran Freon di kulkas berikut supaya dapat semakin cepat tertangani.

1. Ada Bau Yang Tidak Enak

Ada bau yang tidak lezat sebagai ciri-ciri umum kebocoran Freon di kulkas. Bila kebocorannya lumayan besar karena itu baunya cukup menyengat.

Ini sudah pasti bisa menjadi permasalahan serius bila terus bersambung. Pendinginan akan kurang maksimal dan bisa mengakibatkan tubuh keracunan Freon.

2. Makanan ataupun Minuman di Freezer Kulkas Tak Membeku

Saat minuman atau makanan ditempatkan ke freezer, umumnya membeku. Tetapi, saat minuman atau makanan tidak membeku atau membeku dalam periode waktu lama, Anda bisa mengetahui jika terjadi kebocoran Freon.

Saat Freon bocor, freezer tidak bisa mendingin dan membeku karena tidak ada senyawa yang membeku. Selekasnya check freezer Anda dan benahi bila ada beberapa ciri itu.

3. Ada Lubang di Freezer/Evaporator

Ciri-ciri lain kebocoran Freon di kulkas dengan melihat sisi evaporator atau freezer. Bila freezer ada lubang atau goresan dari benda tajam, karena itu bisa diambil kesimpulan terjadi kebocoran Freon.

Freon keluar lewat lubang yang mengakibatkan freezer stop mendingin. Bila ada lubang atau goresan pada freezer, selekasnya matikan kulkas dan benahi untuk meminimalisir kebocoran Freon yang lebih besar.

4. Pipa Evaporator Pecah atau Berlubang

Pipa evaporator yang pecah atau berlubang bisa mengakibatkan kebocoran Freon. Umumnya pipa evaporator pecah atau berlubang karena terbentur benda keras atau telah termakan umur.

B. Cara Mengatasi Freon Kulkas Bocor

Kebocoran freon di kulkas perlu langsung diperbaiki karena bisa memunculkan permasalahan serius seperti masalah kesehatan. Untuk menangani kebocoran Freon di kulkas, ada banyak hal yang penting jadi perhatian lebih dulu, misalnya:

  • Kulkas mati, pastikan steker dicabut
  • Mengeluarkan semua minuman dan makanan dari kulkas
  • Membersihkan sisa es batu yang melekat di freezer
  • Jangan sampai menghidupkan kulkas bila masih tetap ada kebocoran

Ada cara-cara untuk mengatasi kebocoran Freon di kulkas, misalnya:

1. Menambah Evaporator/Freezer

Evaporator dengan lubang yang lumayan kecil (tidak lebih dari 5 mm) dan tidak tembus bagian lain dari evaporator masih bisa dipertambah hingga tak perlu ditukar. Ada dua langkah untuk menambah evaporator kulkas, yakni:

Lekatkan evaporator memakai lem hijau. Tak perlu turunkan evaporator dengan langkah ini, cukup oleskan sisi yang bocor dengan lem ini.

Tambal evaporator dengan memakai umpan kawat las aluminium. Langkah ini cukup sulit karena membutuhkan pengurangan evaporator tetapi cukup bertahan lama dan kuat.

2. Mengganti Evaporator/Freezer

Evaporator dengan lubang yang lumayan besar (lebih dari 5 mm) perlu diganti. Apa lagi bila evaporator yang bocor didiamkan dalam waktu yang lama, kemungkinan terjadi keropos pada sisi yang berlubang.

3. Menukar Oli Kompresor dan Filter Kapiler

Penggantian oli kompresor dilaksanakan saat oli bersatu sama air karena kebocoran yang terjadi. Check oli kompresor, bila oli kompresor masih juga dalam keadaan baik karena itu dapat dipakai kembali.

Penggantian filter kapiler dilaksanakan jika terjadi kerusakan pada filter kapiler atau terjadi kebocoran di saat pengisian Freon.

4. Isi Ulang Freon

Sesudah semua permasalahan terselesaikan, karena itu cara paling akhir ialah isi ulangi Freon. Ada banyak hal yang penting jadi perhatian saat sebelum lakukan pengisian Freon, misalnya:

  • Pakai Freon sama sesuai standar kulkas
  • Melakukan proses vakum untuk hilangkan tersisa Freon
  • Lihat ampere pada tang ampere, samakan dengan standar kulkas

Hanya itu mengenai kebocoran Freon di kulkas. Bila Anda tidak paham langkah membenahi Freon kulkas yang bocor, karena itu lebih bagus panggil mekanik yang berpengalaman.

Langkah menangani Freon kulkas bocor kemungkinan tidak serupa di antara satu kulkas dengan kulkas yang lain, ingat ada beberapa tipe kulkas yang tersebar di pasaran. Jadi seharusnya waspada saat memperbaikinya. Kerjakan perawatan kulkas secara berkala, untuk menghindar kerusakan pada elemen kulkas.

Related Posts

Related Posts