HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Router Sebagai Pembagi Akses Internet, Inilah Jenis Dan Kegunaannya

Router


Router Sebagai Pembagi Akses Internet, Inilah Jenis Dan Kegunaannya - Router adalah perangkat keras yang digunakan untuk berbagi akses internet melalui jaringan berbagi dalam area lokal. Router ini telah dirancang dengan potensi untuk mentransfer sinyal dari satu titik ke beberapa tujuan yang tepat. 

Sangat penting untuk mendapatkan router untuk berbagi aplikasi dan internet Anda dalam LAN Anda. Saat Anda memilih router, lebih baik tetap mempertimbangkan beberapa pertimbangan seperti modem, jenis, dan anggaran.

1. Apa keuntungan dari router?

Modem merupakan perangkat keras utama yang digunakan untuk mendapatkan akses internet. Tetapi sebagian besar pengguna lebih memilih router daripada modem. Ini memiliki fitur dengan keuntungan tambahan untuk mendapatkan akses dengan menggunakan modem tunggal ke semua komputer. 

Saat Anda menggunakan modem, Anda harus menggunakan satu modem untuk setiap sistem. Misalkan Anda memiliki 7 sistem, maka Anda harus mendapatkan 7 modem untuk mendapatkan akses internet. Tetapi ketika Anda memilih router, tidak perlu membeli masing-masing untuk semua sistem di jaringan lokal Anda.

2. Jenis Router Secara Umum

Kabel digunakan untuk mendapatkan konektivitas. Proses pengkabelan dan pemeliharaan kabel tidak mudah. Router dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu router kabel dan router nirkabel. Saat Anda menggunakan router untuk berbagi internet dari server ke beberapa sistem klien, penting untuk mempertimbangkan penggunaan kabel.

a. Router Berkabel

Ketika kabel yang diperlukan sudah ditempatkan dengan benar dengan sistem, tidak perlu membeli router nirkabel. Router berkabel dapat menawarkan transmisi data berkualitas tinggi. Jika kabel ditempatkan sangat dekat satu sama lain, Anda dapat menghemat panjang kabel dan juga uang. 

Sebelum menggunakan router yang dijalin dengan tali, penting untuk memeriksa spesifikasinya. Oleh karena itu Anda dapat memastikan kemampuan untuk berbagi akses web di kantor atau rumah Anda.

b. Router Nirkabel

Karena router ini tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan sistem satu sama lain untuk berinteraksi atau berbagi data. Sangat mudah untuk mendapatkan akses internet untuk semua komputer Anda tanpa menggunakan kabel tunggal dengan menggunakan router nirkabel ini. Anda bisa bebas dari masalah kabel. 

Jenis router bebas kabel ini telah berfungsi dengan dukungan gelombang radio. Ini menggunakan antena untuk mengirimkan sinyal. Jenis router ini menawarkan koneksi internet berkecepatan tinggi. Router nirkabel ini juga dikenal sebagai router bebas kabel.

3. Router Berdasarkan Bentuknya

a. Router statis

Router statis  ialah router yang mempunyai kabel routing statis yang settingannya ditata oleh administrasi jaringan dengan manual.

b. Router dinamis

Sedangkan router dinamis  ialah router yang mempunyai dan membuat tabel routing yang lebih dinamis, terkait dengan router yang lain.

Selainnya ke-2 tipe router di atas, router dapat dibagi jadi tiga tipe, yakni router aplikasi, router hardware, dan router komputer.

1). Router aplikasi

Router ini tidak mempunyai wujud fisik seperti router secara umum, tetapi berbentuk program yang dapat Anda install pada sistem operasi computer. Program ini selanjutnya dapat membuat computer yang diinstall dapat berperan seperti sebuah router. Program router yang dapat Anda pakai diantaranya ialah WinGate, WinProxy, Winroute, Spygate, dan program yang lain.

2). Router hardware

Router ini ialah perangkat keras yang memiliki bentuk sama seperti yang telah akrab di masyrakat yang berperan untuk membagikan IP address dan bisa dipakai untuk membagikan akses internet di pada suatu daerah jangkauan yang umumnya disebutkan dengan hotspot tempat.

3). Router PC

Router ini ialah mengubah sebuah computer untuk dapat berperan sebagai router, tapi berlainan dengan router program yang memakai program untuk mengganti computer jadi router. Untuk jadikan sebuah computer sebagai router tidak diperlukan computer dengan detail tinggi. Cukup dengan computer dengan processor Pentium 2, hard drive 10 GB, ram 64, dan sudah ada LAN card bisa mengganti computer jadi router untuk membagikan jaringan. 

Supaya bisa berperan, computer yang ingin jadi router harus diinstall dengan mekanisme operasi yang khusus untuk router. Sekarang ini mekanisme operasi atau OS yang terkenal dipakai untuk router ialah Mikrotek.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Router sebagai pembagi akses internet, semoga bermanfaat.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment