HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Barang Elektronik Cepat Rusak? Ternyata ini Penyebabnya

Barang Elektronik Cepat Rusak


Barang Elektronik Cepat Rusak? Ternyata ini Penyebabnya - Ada banyak penyebab barang elektronik cepat rusak. Untuk Anda yang senang mengoleksi barang elektronik seperti ini, ini sangat penting memahami apa saja yang menjadi pemicu kerusakan dari barang-barang yang Anda beli tersebut. Soalnya banyak orang yang tidak menyadari apa penyebab kerusakan dari barang yang mereka beli.

Seringkali hal ini malah membuat orang-orang menyalahkan brand atau produsen yang membuat barang-barang elektronik itu sendiri. Padahal kesalahan yang kecil seringkali menjadi penyebab utama barang elektronik di rumah Anda menjadi rusak.

Pada kesempatan kali ini marilah kita bahas beberapa penyebab utama yang membuat barang elektronik cepat rusak. Apa saja penyebab-penyebab tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Perubahan Pada Tegangan Listrik Secara Tiba-Tiba

Perlu dipahami, tegangan listrik sering kali mengalami ketidakstabilan. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh kendala teknis dari pihak penyedia listrik itu sendiri. Percaya atau tidak perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba bisa memicu kerusakan barang elektronik dengan sangat parah.

Sebagai contoh, perubahan tegangan listrik ini bisa membuat lampu di rumah Anda meredup secara tiba-tiba. Ini akan membuat lampu mudah putus. Bahkan ada beberapa di antaranya yang mati tiba-tiba. Tentu saja hal ini sangat merugikan.

Di beberapa wilayah orang-orang menyebut kondisi ini dengan spaneng. Spaneng ini merupakan salah satu penyebab barang elektronik cepat rusak. Sayangnya tidak ada cara khusus untuk menghindari kondisi tersebut.

Memang ada beberapa wilayah yang memiliki tingkat ketidakstabilan tegangan listrik yang sangat tinggi. Solusinya Anda harus berpindah lokasi dan mencari tempat yang tegangan listriknya stabil. Atau bisa juga dengan memasang stabilizer pada beberapa peralatan elektronik yang mahal.

2. Pengaturan Stop Kontak atau Sumber Listrik

Penyebab barang elektronik cepat rusak lainnya adalah kesalahan dalam mengatur stop kontak atau sumber listrik dari barang elektronik. Hindari menggunakan satu stop kontak untuk beberapa perangkat elektronik sekaligus.

Misalkan satu stop kontak Anda pasangi kombinasi dan dijadikan tempat menyalakan kulkas serta mesin cuci. Hal ini akan membuat perangkat elektronik cepat rusak. Tingkat kebutuhan listrik dari kulkas dan mesin cuci tersebut sangatlah tinggi. Hal ini akan membuat kondisi bebas listriknya menjadi lebih berat.

Kalau misalkan stop kontak tersebut tidak kuat menanggung panas yang muncul, akan terjadi konsleting yang bisa merusak perangkat elektronik yang tersambung pada stop kontak. Tentu saja hal yang seperti ini akan menjadi sebuah hal yang sangat merugikan Anda.

3. Penempatan Barang Elektronik yang Salah

Penyebab barang elektronik cepat rusak lainnya adalah penempatan yang salah. Setiap barang elektronik mengeluarkan hawa panas karena energi listrik yang mereka serap. Setelah mengetahui hal ini, ini seharusnya Anda menempatkan perangkat-perangkat tersebut pada ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus.

Pada saat sirkulasi udara tidak lancar, hawa panas yang muncul akan bercampur dengan hawa ruangan sehingga menimbulkan suhu tingkat tinggi. Hal inilah yang kemudian membuat perangkat elektronik Anda cepat rusak dan tidak tahan lama. Hindari juga menyimpan perangkat elektronik di daerah yang terkena paparan matahari secara langsung.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan posisi air. Penyebab utama kerusakan barang elektronik sering kali adalah rembesan air yang tidak disadari. Apakah air itu berasal dari atap yang bocor atau minuman yang tumpah, keduanya memunculkan risiko yang sama. Karenanya saat Anda mengalami barang elektronik cepat rusak, lakukan analisa terhadap beberapa poin yang kami jelaskan di atas.

Demikianlah artikel tentang penyebab barang elektronik cepat rusak, semoga bermanfaat.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment