HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Beberapa Manfaat Media Elektronik Untuk Pembelajaran Si Kecil

Manfaat Media Elektronik

Beberapa Manfaat Media Elektronik Untuk Pembelajaran Si Kecil - Pada zaman ini, media elektronik sudah mampu memberikan berbagai manfaat untuk manusia. Salah satu manfaat media elektronik ini adalah bagaimana mudahnya media elektronik dalam memberikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh manusia. Dunia semakin maju ini bisa memenuhi rasa ingin tahu mereka.

Berbagai media elektronik seperti gadget, televisi, komputer dan internet sudah melengkapi kehidupan manusia juga ikut berpengaruh kepada kehidupan sehari-hari anak. Mereka menggunakannya sebagai media hiburan yaitu bermain game, menonton kartun, mendengarkan lagu dan lain-lain. Anak-anak juga sangat senang memainkan gadget.

Perdebatan mengenai bagaimana kehadiran dari teknologi maju di kehidupan anak ini sering terjadi. Beberapa orang merasa bahwa hal ini menjadikan anak kecanduan, melupakan dunia luar dan mudahnya anak bisa mengakses hal-hal negatif. Namun dibalik itu, jika dipergunakan dengan bijak, teknologi ini bisa memberikan manfaat untuk anak.

1. Media Elektronik Membantu Proses Belajar Anak-anak

Dengan adanya kemajuan teknologi ini dalam kehidupan anak, Antusiasme anak untuk belajar menjadi tinggi. Jika proses belajar dilakukan dengan media sambil menghibur anak-anak, mereka akan menerima pelajaran dengan lebih baik. Misalnya menunjukkan kepada anak-anak video bertopik pelajaran diiringi animasi bergerak yang lucu.

Selain itu, anak-anak secara tidak langsung bisa mempelajari hal baru. Misalnya saat anak-anak menonton sebuah kartun yang menunjukkan karakter kartun sakit perut karena tidak mencuci tangan sebelum makan. Mereka akan mempelajari bahwa mencuci tangan sebelum makan itu penting untuk membersihkan kuman dan menghindari sakit perut. 

Tidak hanya itu, manfaat media elektronik adalah anak-anak dapat belajar di mana saja dan kapan saja tanpa ada batasan. Setiap waktu dapat dimanfaatkan untuk mempelajari hal-hal baru. Contohnya yaitu dengan menonton video. Peran orang tua ternyata juga dinilai sangat penting untuk membimbing anak saat sedang menonton sebuah video.

Jika anak diberikan perangkat yang menyampaikan informasi melalui audio dan visual menarik, proses bagi anak untuk menerima pembelajaran akan menjadi lebih mudah. Pemahaman mereka akan sesuatu baru akan lebih mudah tertanam di otak mereka. Maka dari itu, hal ini meningkatkan kualitas belajar anak.

2. Jiwa Kreativitas yang Bisa Tumbuh di Diri Anak-anak

Jiwa kreatif juga dapat muncul dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini. Misalnya dengan mempertontonkan anak dengan video menarik mengenai seni, yaitu video menggambar, melipat origami dan lain-lain. Maka dari itu, anak merasa tertantang untuk mengasah hobinya  setelah menonton video tersebut.

Dengan media elektronik yang menyediakan banyak hal menarik, anak dapat secara tidak langsung menumbuhkan jiwa kreativitas. Misalnya saat memainkan sebuah game memasang puzzle di gadget. Dengan itu, mereka dapat bermain sambil berimajinasi. Orang tua juga diuntungkan karena tidak perlu membelikan beragam mainan dan menghemat biaya dan. Hal itu juga termasuk manfaat media elektronik.

Gadget menyediakan banyak hal-hal baru yang tidak ada sebelumnya. Banyak aplikasi menyenangkan dapat menambah jiwa kreativitas anak-anak. Manfaat dari media elektronik adalah menambah media anak-anak untuk berkreasi. Misalnya anak dapat menggambar atau mewarnai di gadget, mendengar lagu, membaca buku bergambar, dan lain-lain. 

Media elektronik memang tidak hanya memberikan pengaruh yang baik untuk anak. Kemajuan dari teknologi ini dapat tanpa sengaja disalah gunakan dan berakhir mempengaruhi anak. Namun jika digunakan dengan bijak dan dengan arahan yang tepat dari orang tua, manfaat media elektronik dapat dirasakan untuk tumbuh kembang anak-anak. 

Demikianlah artikel tentang beberapa manfaat media elektronik untuk pembelajaran si kecil, semoga bermanfaat.

Related Posts

Related Posts

6 comments