HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Masa Depan PLC dalam Otomasi Industri

Masa Depan PLC dalam Otomasi Industri

Masa Depan PLC dalam Otomasi Industri - PLC adalah singkatan dari Programmable Logic Controller. Ini adalah perangkat industri yang digunakan sebagai unit mandiri, yang juga dapat diimplementasikan dalam jaringan PLC lainnya. Mereka pada dasarnya digunakan untuk secara otomatis mengontrol proses atau menjalankan fungsi tertentu. Untuk merekam informasi berbeda dari dunia luar seperti suhu level cairan dalam wadah, atau kecepatan objek  mereka menggunakan berbagai bentuk sensor yang terhubung.

Dapat dengan mudah disimpulkan dari definisinya bahwa PLC adalah perangkat utama yang digunakan dalam otomasi industri & otomatisasi bangunan . Inovasi teknologi utama seperti robotika futuristik, kecerdasan buatan, sensor berteknologi tinggi, komputasi awan, dan analitik data besar siap mengubah lanskap industri manufaktur secara signifikan. Era baru manufaktur ini dikenal sebagai Industri 4.0. Di era baru realitas industri ini, PLC akan memainkan peran penting sebagai kontrol utama, pusat input, dan HMI bagi pekerja manusia.

 PLC akan selalu tetap menjadi prosesor dasar untuk proses manufaktur waktu nyata, tetapi juga akan membantu komunikasi dengan sensor input melalui IoT Industri . Ini juga akan memungkinkan PLC untuk mengumpulkan data yang disempurnakan dan mengirimkannya ke program pembelajaran mesin. PLC dan fasilitas yang menggunakannya perlu dipersiapkan untuk iklim dan lingkungan global yang berubah dengan cepat di sekitar kita. Peristiwa iklim yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti gelombang panas, banjir, atau bahkan gelombang dingin menjadi semakin umum dan parah pada saat bersamaan, yang dapat berdampak negatif pada fungsi peralatan elektronik seperti PLC.

PLC di masa depan harus dikembangkan dan dirancang agar lebih kuat dan kokoh agar tahan terhadap iklim yang keras dan tidak bersahabat. Mereka akan diproduksi dengan bahan yang berbeda, seperti sinyal serat yang secara signifikan lebih tahan lama daripada sinyal elektronik, terutama di lingkungan yang tidak bersahabat seperti lantai pabrik. Karena teknologi IIoT, PLC juga dapat dioperasikan dari jarak jauh dari lokasi lain dan disimpan dalam isolasi yang jauh dari kondisi sulit di mana tidak ada gangguan atau gangguan. Ini sangat penting jika ada sensor dan proses sensitif & halus yang mengamanatkan perlunya regulasi dan tindakan yang tepat.

Demikian pula, bahkan sistem SCADA sangat penting untuk masa depan otomasi industri. Bahkan, dapat dengan mudah dikatakan bahwa perangkat lunak SCADA biasanya memungkinkan bisnis berfungsi jauh lebih efektif dan aman, dan dengan biaya yang lebih rendah. Sistem ini memberikan informasi real-time, yang selanjutnya memperkuat reputasinya sebagai salah satu sistem regulasi teratas. Industri terkemuka yang menerapkan teknologi ini termasuk pengelolaan air dan air limbah, minyak & gas, dan utilitas listrik. Sektor lain termasuk telekomunikasi dan akuakultur juga. SCADA menawarkan keuntungan sebagai berikut:

  1. Biaya: Ini pada dasarnya membantu dalam mengurangi pengeluaran modal, sementara pada saat yang sama meningkatkan kinerja aset.
  2. Risiko: Perangkat lunak SCADA sangat penting dalam mengamankan infrastruktur penting dan membantu mengurangi risiko keamanan siber.
  3. Dukungan: Berinvestasi di SCADA juga memastikan bahwa seiring dengan berjalannya operasi melalui evolusi digital, dukungan dan saran hadir  terutama saat dibutuhkan.

Demikianlah artikel mengenai masa depan PLC dalam Otomasi Industri, semoga bermanfaat.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment